Bagian Pemerintahan Jadi Sentral Koordinasi Kerjasama Dalam Negeri dan Luar Negeri - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Bagian Pemerintahan Jadi Sentral Koordinasi Kerjasama Dalam Negeri dan Luar Negeri


Mojokerto-(satujurnal.com)
Bagian Pemerintahan Sekdakot Mojokerto akan menjadi sentral bagi organisasi pemerintahan daerah (OPD) yang akan melakukan kerjasama dalam negeri dan luar negeri atau pun dinas luar negeri.

Untuk kepentingan ini, Bagian Pemerintahan menggelar sosialisasi Kerjasama Dalam Negeri dan Kerjasama Luar Negeri / Dinas Luar Negeri, yang dibuka Sekretaris Daerah Kota Mojokerto di Pendopo Graha Praja Wijaya, Kamis (11/10).

Sosialisasi sebagai implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2018 tentang kerjasama daerah tersebut dibuka Sekdakot Mojokerto, Harlistyati.

“Dengan adanya sosialisasi ini saya harap OPD yang akan mengadakan kerja sama dengan pihak lain selalu berkoordinasi dengan Bagian Pemerintahan. Karena Bagian Pemerintahan akan memfasilitasi setiap kerjasama yang akan dilakukan oleh OPD, selain itu kalau melalui Bagian Pemerintahan akan ada data yang valid serta tercatat dan terakomodir dengan baik sehingga kepala daerah mengetahui kerjasama yang dilakukan,” jelasnya.

Dengan keterbatasan Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia di Kota Mojokerto, Harlis meminta seluruh OPD melakukan kajian kerjasama untuk mengembangkan serta mengeksplorasi SDA dan SDM yang dimiliki oleh Kota Mojokerto guna meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat Kota Mojokerto pada umumnya.

“Kajian tersebut diantaranya melalui study tiru atau penjajakan termasuk dengan pemerintah luar negeri sehingga pada kesempatan ini saudara dapat belajar tentang administrasi proses perjalanan dinas luar negeri,” ungkapnya.

Plt. Kepala Bagian Pemerintahan, Ani Wijaya menyampaikan sosialisasi ini diselenggarakan dengan maksud dan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada aparatur dan meningkatkan pemahaman  persyaratan dari masing-masing OPD tentang kerjasama antar daerah dan dengan luar negeri.

“Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan penyelenggaraan pelayanan publik yang lebih baik, untuk mendorong tumbuhnya prakarsa dan peran aktif OPD demi meningkatkan optimalisasi pengelolaan potensi daerah melalui kerja sama,” kata Ani.

Ani juga menyampaikan, dalam kegiatan ini peserta sosialisasi tidak banyak. Hal ini dikarenakan agar peserta bisa mengeksplorasi lebih dalam.

“Kalau sudah paham bisa mulai melakukan kajian kecil, kerjasama mana yang bisa menguntungkan pemkot, bisa memberdayakan masyarakat dan menambah pendapatan,” katanya.

Bertindak selaku narasumber dalam sosialisasi ini adalah Cipto Wibowo Kepala Bagian Administrasi Kerjasama Biro Humas dan Protokol Provinsi Jawa Timur  yang menjelaskan  tentang tata cara pelaksanaan kerjasama daerah dan Sinta staf Bagian Kerjasama luar negeri Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur dengan materi Peluang dan Tantangan Kerjasama Luar Negeri oleh Pemerintah Daerah. (one)



Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional