Gelar Sarasehan Wawasan Kebangsaan, Bakesbangpol Libatkan 100 Siswa - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Gelar Sarasehan Wawasan Kebangsaan, Bakesbangpol Libatkan 100 Siswa

Gelar Sarasehan Wawasan Kebangsaan, Bakesbangpol Libatkan 100 Siswa


Mojokerto-(satujurnal.com)
Sarasehan Wawasan Kebangsaan digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Mojokerto menggelar Sarasehan Wawasan Kebangsaan, di Hotel Raden Wijaya Mojokerto, Rabu (3/10/2018).
Sebanyak 100 siswa-siswi SMA/SMK se-Kota Mojokerto ambil bagian dalam sarasehan dengan narasumber salah seorang perwira Korem 082 Mojokerto dan dosen UIN Sunan Ampel Surabaya.
Sekdakot Mojokerto, Harlistyati hadir mewakili Wakil Walikota Mojokerto Suyitno.

Dalam sambutan yang dibacakan Harlisyati, Suyitno menyampaikan, kegiatan ini sangat penting untuk memberikan edukasi dan penekanan kepada generasi muda tentang pentingnya menjaga tanah air dan memupuk persatuan kesatuan.

“Kegiatan ini juga untuk menyamakan  pola pikir, dan langkah-langkah partisipasi aktif warga negara indonesia, khususnya bagi para pelajar untuk mewujudkan cita-cita nasional bangsa Indonesia, sebagaimana yang tercantum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945,” kata Harlis mengutip sambutan Wawali.

Lebih lanjut disampaikannya, anak-anak didik sebagai aset penerus pembangunan bangsa perlu mendapat pemahaman ideologi pancasila guna menangkal dampak negatif globalisasi, seperti paham radikal, narkoba, provokasi dan pornografi. “Untuk itu dibutuhkan kerja sama semua pihak dalam memelihara generasi muda ini dari pengaruh buruk yang dapat merusak pola pikir dimasa pertumbuhannya sebagai penerus bangsa,” katanya.

Dengan adanya kegiatan sarasehan wawasan kebangsaan ini, diharap dapat menjadi bekal pembangunan dan pembaharuan dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang bermental dan berakhlak mulia. Selain itu dapat menggelorakan semangat para generasi muda khususnya para pelajar SMA/SMK untuk merubah pola pikir dan sikap ke arah yang lebih baik.  “Sebagai generasi muda, jangan sampai mengabaikan nilai-nilai luhur pancasila. Kelima sila dalam pancasila tidak hanya sekedar dihafal, tapi nilai yang terkandung dalam pancasila harus dimengerti dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” tandasnya.

Di akhir sambutannya, para peserta diminta untuk meningkatkan solidaritas kebangsaan kita untuk bergotong royong membantu sesama, meningkatkan kepedulian dan menjaga alam sekitar terutama dengan banyaknya bencana alam seperti gempa yang terjadi akhir-akhir ini di Indonesia. “Tentunya kita merasa sangat prihatin dan turut berduka cita, semoga para korban gempa diberikan ketabahan dan kekuatan oleh Allah SWT, dan korban yang meninggal semoga arwahnya diterima di sisi Nya,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Mojokerto, Anang Fahruroji menyampaikan, sarasehan wawasan kebangsaan diselenggarakan agar generasi muda di Kota Mojokerto lebih memahami ideologi Pancasila.

“Mari kita jaga eksistensi ideologi Pancasila, UUD’45, bhineka tungal ika dan NKRI baik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.” kata Anang. (one)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional