8 Anggota Dewan Tak Hadiri Sertijab Walikota, Begini Reaksi Pakde Karwo - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

8 Anggota Dewan Tak Hadiri Sertijab Walikota, Begini Reaksi Pakde Karwo

8 Anggota Dewan Tak Hadiri Sertijab Walikota, Begini Reaksi Pakde Karwo


Mojokerto-(satujurnal.com)
Serah terima jabatan (sertijab) Walikota Mojokerto dari Suyitno kepada Ika Puspitasari yang digelar di GOR dan Seni Majapahit, Jalan Gajahmada Kota Mojokerto, Jum’at (21/12/2018) diwarnai ketidakhadiran 8 dari 25 anggota DPRD Kota Mojokerto.

Ketidakhadiran kedelapan anggota legislatif dalam acara yang dikemas sekaligus dengan rapat paripurna istimewa tentang penyampaian visi misi walikota itu pun tak pelak membuat Gubernur Jawa Timur Soekarno yang hadir ditengah prosesi lima tahunan itu gerah.

“Ketidakhadiran sejumlah anggota DPRD Kota Mojokerto ini patut dipertanyakan. Ini circle politik. Dewan perlu mendengarkan (visi misi). Kalau visi misi tidak tahu bagaimana. Visi misi kan lima tahunan,” singgung Pakde Karwo, sapaan populer Gubernur Soekarwo, kepada sejumlah wartawan, usai sertijab.

Memang, ujar Pakde Karwo, dalam rapat paripurna istimewa tidak diperlukan kuorum. Namun, kehadiran para anggota Dewan menjadi sangat penting. Karena Visi misi sangat mendasar.

“Tugas Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat adalah melakukan pembinaan dan pengawasan. Kalau paripurna istimewa visi misi yang notabene lima tahunan saja tidak hadir, bagaimana dengan kinerjanya. Makanya saya akan melaporkan soal ini ke Mendagari,” cetus Pakde Karwo.

Saat memberi sambutan dalam acara sertijab, Pakde Karwo pun menyinggung ketidakhadiran kedelapan anggota Dewan tersebut. Hingga terlontar ucapan akan menurunkan jajarannya di bagian biro pemerintahan dan asisten untuk mempertanyakan ikhwal ketidakhadiran mereka.

Sementara itu, Walikota Mojokerto Ita Puspitasari menanggapi datar soal ketidakhadiran delapan anggota Dewan tersebut.

“Memang benar apa yang disampaikan (Gubernur). Dewan dipilih oleh rakyat. Kehadiran beliau-beliau dalam momentum paripurna istimwa yang hanya lima tahun sekali seharusnya jadi moment kehormatan bagi mereka-mereka ini untuk hadir,” kata Ning Ika, sapaan akrab Walikota Ita Puspitasari.

Ning Ika yang didampingi Wakil Walikota Ahmad Rizal Zakariah menyebut, ‘sempritan’ Pakde Karwo sejatinya juga berlaku untuk eksekutif jika melalaikan kewajibannya.

“Bagi saya ini bagian dari kita harus berbenah diri, mungkin hari ini legislatif yang kebetulan (disentil Pakde Karwo). Ini berlaku bagi semua eksekutif, jangan lalaikan kewajiban,” tukasnya. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional