Satpol PP Musnahkan Ratusan Botol Minol Sitaan - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Satpol PP Musnahkan Ratusan Botol Minol Sitaan

Satpol PP Musnahkan Ratusan Botol Minol Sitaan


Mojokerto-(satujurnal.com)
Ribuan botol minuman beralkohol (minol) berbagai golongan dan minuman keras oplosan dimusnahkan aparat Satpol PP Kabupaten Mojokerto, Kamis (10/1/2019).

Minol dan miras oplosan yang dimusnahkan merupakan barang bukti dan hasil temuan selama razia pemangku ketertiban umum tersebut kurun 2018.

Bupati Mojokerto, Pung Kasiadi, Kapolres Mojokerto AKBP Setyo Koes Heriyatno, Kapolresta Mojokerto AKBP Sigit Dany Setiyono, sejumlah pejabat Pemkab Mojokerto serta tokoh agama dan tokoh masyarakat menyaksikan pemusnahan yang dilakukan di kantor Satpol PP, Mojosari tersebut.

“Minol yang dimusnahkan sebanyak 752 botol, arak 25 botol dan 1.744 botol minol kosong hasil sitaan dan temuan dalam razia gabungan," Ujar Kepala Satpol PP Kabupaten Mojokerto, Suharsono.

Satu unit alat berat jenis buldozer digerakkan untuk menggilas ribuan botol minol tersebut
Selain barang bukti minol dan miras oplosan, juga dimusnahkan dengan cara dibakar 6.545 lembar banner, spanduk dan umbul-umbul yang disita lantaran menyalahi peraturan daerah.  
Dipaparkan Suharsono, upaya penegakan peraturan perundang-undangan yang dilakukan pihaknya kurun 2018 antara lain melalui penyuluhan, pengawasan dan pembinaan, sedikitnya dilakukan sebanyak 53 kegiatan. Sedangkan tindakan non yustisi sebanyak 40 kegiatan. “Penertiban pelanggaran perda sebanyak 64 kegiatan dan tindakan yustisial yakni sidang tipiring di PN Mojokerto sebanyak 19 kasus,” ujarnya.

Bupati Mojokerto, Pung Kasiadi mengatakan, pemusnahan minol dan miras yang dilakukan aparat Satpol PP bagian dari langkah penegakan peraturan perundang-undangan.

Menurutnya, diperlukan sinergitas dari semua pihak untuk penegakan peraturan perundang-undangan sekaligus upaya penghentian peredaran miras ilegal.

“Penghentian peredaran miras ilegal bukan hanya tugas pemerintah dan  aparat saja, tapi juga masyarakat juga harus punya komitmen yang kuat,” ingatnya. (one)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional