Tahun Baru, Ning Ita Kunjungi Rumah Riyanto dan Ajak Makan Bareng Ratusan Abang Becak - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Tahun Baru, Ning Ita Kunjungi Rumah Riyanto dan Ajak Makan Bareng Ratusan Abang Becak

Tahun Baru, Ning Ita Kunjungi Rumah Riyanto dan Ajak Makan Bareng Ratusan Abang Becak


Mojokerto-(satujurnal.com)
Walikota Mojokerto, Ika Puspitasari menyambut tahun baru dengan melakukan kegiatan yang tak lazim digelar pejabat sebelumnya. Walikota yang baru dilantik 10 Desember 2018 ini memilih mengisi malam pergantian tahun dengan bersilaturahim ke rumah keluarga almarhum Riyanto, anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Nahdlatul Ulama (NU) dan mengumpulkan ratusan tukang becak di awal tahun 2019.

Riyanto adalah sosok anggota Banser yang meregang nyawa dalam insiden bom di Gereja Eben Haezer, jalan Kartini, Kota Mojokerto, 24 Desember 2000 silam.

Ning Ita, sapaan populer walikota Mojokerto perempuan pertama ini mengunjungi kediaman almarhum Riyanto di Kelurahan Prajurit Kulon, Senin (31/12/2018) malam bersama Wakil Walikota Mojokerto Achmad Rizal Zakaria dan sejumlah anggota Banser Kota Mojokerto.

Kedua orang tua almarhum Riyanto yakni Sukarmin dan Katinem menyambut kedatangan rombongan Ning Ita.

”Sahabat Riyanto adalah teladan nyata keberanian, teladan nyata rasa rela berkorban, beliau menyelamatkan banyak jiwa. Insya Allah surga untuk Sahabat Riyanto,” ujarnya.

Semangat pengorbanan Riyanto, katanya lagi, perlu juga dimaknai sebagai kerelaan untuk terus berbuat baik.

”Berbuat baik, sekecil apapun itu, dimulai dari sekitar kita. Misalnya, ikut bergotong-royong menata kampung,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Ning Ita juga menyerahkan santunan kepada keluarga Riyanto.

”Kita semua harus belajar dari Mas Riyanto. Dan semoga Kota Mojokerto dan Indonesia selalu damai, aman, saling toleran, bersaudara dalam keberagaman. Perbedaan adalah rahmat. Justru karena perbedaan itulah, Indonesia ini indah. Tak perlu karena beda keyakinan, lalu kita bermusuhan,” ujar sosok yang memenangi Pilwali Mojokerto 27 Juli 2018 tersebut.
Sementara itu, mengawali kegiatan di tahun baru 2019, Ning Ita menggelar kegiatan tasyakuran yang bertempat di Rumah Dinas Walikota Mojokerto Jalan Hayam Wuruk, Selasa (1/1/2019).

Tidak kurang dari 700 abang becak dan warga sekitar diundang di rumah dinas orang nomor wahid di Pemkot Mojokerto tersebut untuk makan bersama. Tampak diantara mereka, Wakil Walikota Mojokerto, Achmad Rizal Zakaria, jajajan Forkopimda Kota Mojokerto, segenap kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Mojokerto serta segenap camat dan lurah se Kota Mojokerto.

Yang menarik, Ning Ita juga membagikan kaos bertuliskan "Sedulur Sedapur" untuk abang becak dan warga sekitar.

Ia beralasan mengundang warga makan bersama, selain untuk bersilaturahmi dan merayakan tahun baru, juga untuk melaunching rumah dinas sebagai ‘Rumah Rakyat’.

 “Rumah dinas walikota adalah rumah bagi masyarakat Kota Mojokerto, saya ingin rumah ini bisa didatangi oleh seluruh warga. Kami ingin rumah ini lebih welcome, lebih merakyat, maka kegiatan-kegiatan yang bersama rakyat akan diselenggarakan dirumah ini,” kata Ning Ita.

Seperti halnya di berbagai kesempatan, Ning Ita pun membeber visi dan misinya untuk membangun Kota Mojokerto kurun lima tahun kedepan. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional