Tangkal Virus Dengue, Walikota Pilih PSN Ketimbang Fogging - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Tangkal Virus Dengue, Walikota Pilih PSN Ketimbang Fogging

Tangkal Virus Dengue, Walikota Pilih PSN Ketimbang Fogging


Mojokerto-(satujurnal.com)
Penyakit menular demam berdarah dengue (DBD) belakangan menjadi momok bagi warga Kota Mojokerto. Meski belum merenggut korban jiwa, namun serangan nyamuk aedes aegypti pembawa virus dengue itu kian mengkhawatirkan.

Untuk membendung berkembangnya nyamuk aedes aegypti, Walikota Mojokerto Ika Puspitasari mengaku cenderung memaksimalkan peran kader PSN (pemberantasan sarang nyamuk) ketimbang pengasapan atau fogging. Selainnya, menggalakkan gerakan 3M, yakni menutup, menguras dan mengubur obyek-obyek yang mendukung siklus nyamuk anti jorok itu.

“Musim penghujan adalah musimnya nyamuk dan wabah seperti ini, mulai banyak di seluruh daerah. Tapi kita punya kader PSN yang terus bergerak. Ada atau tidak ada wabah mereka tetap bekerja,” kata Walikota disela-sela menunjungi pasien DBD di RSU Dr Wahidin Sudirohusodo, Surodinawan, Kamis (31/1/2019).

Jumlah warga Kota Mojokerto yang dinyatakan positif DBD memang masih di bilangan satu digit, namun menurut Ning Ita, sapaan Ika Puspitasari, warga harus tetap waspada.

“Sampai dengan terakhir hanya ada 7 pasien DBD dan yang empat sudah sembuh. Tetapi kita cegah bersama-sama, PSN kita gerakkan. Keterlibatan semua masyarakat juga kita gerakkan supaya tidak lebih banyak lagi yang terjangkit DBD,” lanjut Wali Kota.
Ning Ita menyatakan, untuk menanggulangi DBD akan lebih memaksimalkan partisipasi aktif masyarakat termasuk sekolah dan organisasi yang ada dibawah naungan OPD terkait. Partisipasi masyarakat sangat diperlukan minimal menjaga lingkungan rumahnya sendiri.

Saat menjenguk pasien DBD, Ning Ita yang didampingi Asisten Administrasi Umum, Kepala Dinas Kesehatan, Kabag Humas dan Protokol serta Direktur RSUD Dr Wahidin Sudiro Husodo, berbincang dengan keluarga pasien. (one)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional