Cegah DBD Meluas, Ning Ita Gelar Aksi Cepat Tanggap - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Cegah DBD Meluas, Ning Ita Gelar Aksi Cepat Tanggap

Cegah DBD Meluas, Ning Ita Gelar Aksi Cepat Tanggap

Mojokerto-(satujurnal.com)
Aksi cepat tanggap dan seruan waspada DBD (demam berdarah dengue) dilakukan Walikota Mojokerto Ika Puspitasari, menyikapi kian merebaknya invasi virus dengue yang dibawa nyamuk aedes aegypti.

Instruksi agar seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) bergerak bersama menanggulangi penyebaran demam berdarah dicetuskan Ika Puspitasari saat meninjau secara langsung kegiatan Jumat Berseri dan PSN 60 menit Terintegrasi serentak di Kelurahan Meri, Kecamatan Kranggan, Jum’at (1/2/2019).

“Penyakit DBD sering kali tumbuh subur saat musim hujan tiba. Kita semua perlu waspada penularan (DBD) dari nyamuk aedes aegypti,” kata Ning Ita, sapaan populer Walikota Ika Puspitasari.disela-sela kegiatan PSN tersebut.

Ning Ita yang didampingi Sekretaris Daerah Kota Mojokerto Harlistyati, Kepala Dinas Kesehatan Kota Mojokerto Christina Indah Wahyu serta Kabag Humas dan Protokol Choirul Anwar juga menjenguk rumah warga yang terserang DBD serta memeriksa jentik yang ada di tempat-tempat penyimpanan air, beberapa tempat yang menimbulkan genangan air, selokan, kandang unggas hingga pekarangan warga.

Salah satu warga yang dikunjungi Ning Ita adalah Ibu Kartini warga RT 1 RW 3 Lingkungan Meri yang tahun tengah menderita sakit lantaran terjatuh beberapa waktu yang lalu. Ning Ita memberikan santunan untuk lansia yang sudah berusia 98 tahun itu.

Selain meninjau rumah-rumah warga, Ning Ita juga berinteraksi dengan sejumlah warga yang tengah melakukan kerja bakti.  

“Saya sendiri beserta seluruh jajaran sampai dengan tingkat kelurahan RT-RW terus bergerak. Mari berpartisipasi bersama sama menanggulangi penyebaran DB ini. Supaya tidak semakin meluas dan kita cegah agar tidak semakin  banyak yang terjangkit penyakit deman berdarah,” katanya.

Ditegaskan, kebersihan dan kesehatan ini tidak hanya tugas dari pemerintah tetapi kewajiban seluruh elemen masyarakat.

“Jaga kebersihan di lingkungan masing-masing minimal dengan kerja bakti agar lingkungan kita menjadi bersih dan sehat,” ajak Ning Ita.

Usai PSN di Kelurahan Meri, Ning Ita dan rombongan menuju lingkungan Randegan Kelurahan Kedundung, Kecamatan Magersari untuk menjenguk warga Kota Mojokerto yang baru pulang rumah sakit setelah menjalani rawat inap akibat DBD.

Sementara itu, dalam waktu bersamaan, Wakil Walikota Mojokerto, Achmad Rizal Zakaria didampingi oleh Ketua TP PKK Kota Mojokerto Nur Chasanah Achmad Rizal meninjau secara langsung PSN di Lingkungan Cakarayam, Kelurahan Mentikan dan Lingkungan Pulorejo.(one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional