Walikota Mojokerto Teken MoU dengan UPN dan BNI untuk Kerjasama Bidang Riset dan CSR - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Walikota Mojokerto Teken MoU dengan UPN dan BNI untuk Kerjasama Bidang Riset dan CSR

Walikota Mojokerto Teken MoU dengan UPN dan BNI untuk Kerjasama Bidang Riset dan CSR


Mojokerto-(satujurnal.com)
Pemerintah Kota Mojokerto menjalin kerjasama dengan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur dan PT Bank Nasional Indonesia (BNI) Persero Tbk Kantor Cabang Mojokerto.

Kerjasama dengan salah satu perguruan tinggi negeri di Jawa Timur itu ditandai dengan penandatangan kota kesepahaman (MoU) antara Walikota Mojokerto Ika Puspitasari dengan Rektor UPN Veteran Jawa Timur, , Akhmad Fauzi, digelar di ruang Nusantara, Pemkot Mojokerto, Rabu (13/2/2019).

Sedangkan kerjasama dengan Bank BNI Cabang Mojokerto menyangkut CSR (corporate social responsibility).

Walikota mengatakan, kerjasama dengan perguruan tinggi dan perbankann itu merupakan tindak lanjut PP Nomor 28 Tahun 2018 tentang kerja sama daerah.

“Pemerintah Kota Mojokerto melakukan kerjasama dengan beberapa pihak termasuk dengan beberapa universitas guna menggali potensi sekaligus dalam hal kerja sama dibidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat serta pelaksanaan otonomi daerah,” terang Ning Ita, sapaan karib Ika Puspitasari.

Ia menggarisbawahi, bahwa kerjasama dengan perguruan tinggi bertujuan untuk menggali dan mengembangkan serta mengarahkan potensi sumber daya yang dimiliki oleh kedua belah pihak guna mendukung keberhasilan pembangunan maupun dalam hal pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Ini mungkin MoU pertama antara pemerintah kota dengan pihak UPN. Dimana ruang lingkup kesepakatan mencakup beberapa hal meliputi pendididkan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, perencanaan pembangunan, survei dan pendataan, teknologi tepat guna, budaya dan pariwisata, kepemudaaan dan olah raga,” tukasnya

Selain itu kerja sama juga meliputi bidang kependudukan dan lingkungan hidup, pengembangan wilayah.

Ning Ita berharap agar kerja sama antara Pemkot Mojokerto dan UPN Jatim akan ada tindak lanjut dengan OPD.

Ditambahkan, kendati Pemerintah Kota Mojokerto telah melakukan kerja sama dengan beberapa universitas yang ada di Jawa Timur, masih perlu ada penambahan kerjasama serupa dari universitas lainnya.

“Kami pemerintah daerah dalam menjalankan pemerintahan maupun pembangunan tidak mampu melakukannya tanpa adanya dukungan dan kerja sama dari akademisi, jadi untuk hal-hal yang di ranah penelitian dan pengembangan sumber daya manusia selama ini kami disupport dari para akademisi,” terang Ning Ita.

Sementara dengan Bank BNI Cabang Mojokerto, ia berharap agar sebagai perusahaan yang profit oriented bank plat merah itu memperkuat CSR bukan saja sebagai kewajiban, tapi bagian dari upaya mendukung pemerintah Kota Mojokerto yang beriorintasi pada pengembangan UKM dan IKM.

“Kami hanya bisa mengarahkan, saya berharap BNI bisa mendukung terkait pengembangan wisata, yang akan kami awali dengan potensi air disekitar aliran sungai Ngothok,” kata Ning Ita. (one)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional