1.436 Warga Kabupaten Mojokerto Positif TBC, 4 Meninggal Dunia - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

1.436 Warga Kabupaten Mojokerto Positif TBC, 4 Meninggal Dunia


Mojokerto-(satujurnal.com)
Penularan Tubercolosis (TBC) patut diwaspadai warga di wilayah Kabupaten Mojokerto. Data Dinas kesehatan setempat menyebutkan, jumlah penderita TBC positif sepanjang tahun 2018 mencapai 1.436 orang. Dari jumlah ini 4 penderita telah meninggal dunia, 13 penderita lainnya menjadi kebal obat atau MDR. Hanya 177 penderita yang dinyatakan sembuh.

Organisasi peduli TBC, TB-HIV Care, ‘Aisyiyah Kabupatan Mojokerto merespon wabah ini.

Safiyati, Ketua Majelis Ekonomi PD Aisiyah yang juga Kepala SSR TB-HIV Aisiyah Kabupaten Mojokerto mengatakan, saat ini TB-HIV Care Aisyiyah sedang menyiapkan aksi nyata untuk mengeliminasi penderita TBC.

“Ini adalah rangkaian dari TB Day, kita sudah melakukan screening massal di Car Free Day, juga akan melakukan gentingisasi dan pemberian makanan tambahan (PMT) bagi penderita TBC,” katanya, Kamis (28/3/2019).

Sementara Lilik Maslikhah, ketua PD Aisyiyah Kabupaten Mojokerto mengatakan, capaian TB-HIV care Aisyiyah pada tahun 2018 sudah sesuai dengan target, namun upaya eliminasi penderita TBC harus terus digalakkan.

“TB-HIV Care Aisyiyah disupport oleh Global Fund (GF) hingga tahun 2020. dan kita akan terus koordinasi dengan Dinas Kesehatan terkait penanggulangan TBC di Mojokerto,” tegasnya.

Sekedar informasi, junlah penderita TBC di Jawa Timur merupakan terbanyak kedua di seluruh Indonesia setelah Jawa Barat. Total penderita TBC di Jatim mencapai 57.014 orang, 3.614 diantaranya adalah penderita TBC anak dan penderita yang resistan sebanyak 239 orang. (one)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional