Bus Bandara Kota Mojokerto – Juanda, Tinggal Tunggu Sinyal Hijau AP I - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Bus Bandara Kota Mojokerto – Juanda, Tinggal Tunggu Sinyal Hijau AP I

Bus Bandara Kota Mojokerto – Juanda, Tinggal Tunggu Sinyal Hijau AP I

Gaguk Tri Prasetyo

Mojokerto-(satujurnal.com)
Armada bus Damri trayek Kota Mojokerto menuju Bandara Internasional Juanda, Surabaya dan sebaliknya segera bisa dinikmati masyarakat. Menyusul turunnya rekomendasi Dinas Perhubungan (Dishub) Propinsi Jawa Timur untuk pembukaan angkutan pemandu moda dengan operator Damri. Hanya saja, sampai saat ini belum muncul sinyal hijau dari PT Angkasa Pura I, pengelolah Bandara Internasional Juanda

“Rekomendasi dari Dishub Propinsi Jawa Timur untuk Damri terkait pembukaan angkutan pemandu moda (Kota Mojokerto – Bandara Juanda)sudah turun sekitar dua minggu lalu. Rekomendasi ini yang diteruskan Damri ke AP I (Angkasa Pura) Juanda. Jika sudah ada persetujuan AP I, Dishub akan menerbitkan trayek,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Mojokerto, Gaguk Tri Prasetyo, Kamis (14/3/2019).

Jika persetujuan AP I turun dan trayek terbit, langkah berikutnya, ujar Gaguk, yakni penentuan tarif. “Kalau melihat jarak tempuhnya, tarif bus bandara Mojokerto – Juanda tentunya dibawah tarif yang berlaku di (bus bandara) Gresik – Juanda saat ini,” imbuhnya.

Soal armada bus yang disiapkan Damri untuk angkutan pemandu moda ini, Gaguk mengaku belum tahu pasti jumlahnya. “Kabarnya untuk uji coba disiapkan empat armada,” tukasnya.

Seperti diberitakan, awal tahun 2018 lalu Dishub Kota Mojokerto mengusulkan ke Direksi Damri transportasi pemandu moda untuk  meningkatkan aksesibilitas transportasi dari wilayah Mojokerto khususnya ke bandara Juanda

Gagasan ini muncul seiring beroperasinya tol Mojokerto - Surabaya dan kian tingginya mobilisasi warga Kota Mojokerto ke luar daerah dengan menggunakan jasa penerbangan udara melalui Bandara Internasional Juanda.

Angkutan pemandu moda yang diusulkan yakni angkutan jenis bus yang bisa mengakses lebih efektif efisien dari moda darat ke moda udara.

Damri, menurut Gaguk sangat mensupport, sangat mendukung sekali.  Survey kelayakan dan kajian teknis pun digelar Damri. Pun hal yang sama dilakukan Dishub Propinsi hingga turun rekomendasi. (one)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional