Job Fit Bergulir, Selangkah Lagi Rotasi dan Mutasi Digelar - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Job Fit Bergulir, Selangkah Lagi Rotasi dan Mutasi Digelar

Job Fit Bergulir, Selangkah Lagi Rotasi dan Mutasi Digelar


Mojokerto-(satujurnal.com)
Mutasi dan rotasi pejabat Pemkot Mojokerto tinggal selangkah lagi. Ini setelah sembilan pejabat eselon II menjalani job fit atau uji kesesuaian jabatan di Balai Kota Graha Praja Wijaya, Senin (11/3/2019).

Mereka yang kini menempati sejumlah pos kepala organisasi pemerintahan daerah (OPD) sebelumnya sudah mengikuti assessment test atas rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sebelum kemudian maju ke lima meja panitia seleksi (pansel) job fit.

Kesembilan pejabat struktural yang masuk dalam gerbong pertama rotasi dan mutasi di era Walikota Mojokerto Ika Puspitasari ini antara lain Sekretaris DPRD Mochammad Efendy, Kepala BPPKA Agung Mulyono, Kepala Bakesbangpol Anang Fachrurozi, Kepala Disperindag Rubi Hartoyo, Kepala Disnakerkop, Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja (Diskoumnaker)  dan UKM, Hariyanto, Kepala Balitbang Joko Suharriyanto, Kepala KBKS Imron, Kepala Dinas Sosial Sri Mujiwati dan Kepala Diskominfo Hartono.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Mojokerto, Endri Agus mengatakan, kesembilan pejabat yang mengikuti job fit menghadapi tim panel yang diketuai Sekda Kota, Harlistyati, dua orang akademisi dan dua dari unsur yang mengevaluasi kesesuaian kualifikasi, kompetensi dan kinerja mereka.

Dipaparkan Agus, job fit yang merupakan amanat perundang-undangan ASN tentang pelaksanaan seleksi terbuka atau rotasi JBT lebih diposisikan untuk pertimbangan kesesuaian antara kualifikasi, kompetensi dan kinerja yang dilakukan kesembilan pejabat itu selama ini, kemudian dihubungkan dengan job yang ada.

Asessment dan job fit pejabat eselon II ini, ujar Agus, digelar selain untuk mengisi sejumlah jabatan kepala OPD yang kosong dan penyegaran jabatan, juga terkait rencana perampingan OPD yang berujung dimergernya empat OPD, yakni Balitbang, KBPP, Diskoumnaker, dan Dinas Kimpraswil serta pemecahan bidang Kebudayaan di Disporabudpar ke Dinas Pendidikan menjadi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Balitbang akan dimerger dengan Bappeko, KB dimerger d Dinas Kesehatan sedang PP dimerger dengan Dinas Sosial. Kimpaswil dimerger ke Dinas PUPR, sementara Diskoumnaker dimerger dengan Disperindag.

Sedangkan jabatan yang kosong yakni Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip, Kepala Dinas Kimpraswil, Kepala Badan Perizinan Terpadu, tiga kursi Staf Ahli dan satu jabatan Asisten.

“Soal penempatan jabatan baru, tergantung hasil evaluasi tim pansel,” katanya.

Sedang soal waktu mutasi, Agus enggan membeber. “Tentunya setelah ada keputusan dari Walikota,” kilahnya.

Sumber di Pemkot Mojokerto menyebut, dalam rotasi dan mutasi nanti, hampir dipastikan jabatan kepala OPD yang bakal dimerger akan diisi oleh Plt Kepala. Jabatan Plt ini pula yang bakal diberikan kepada sembilan pejabat peserta job fit.

“Bisa saja jabatan Plt itu diberikan kepada pejabat yang kini memegang jabatan di OPD yang akan dimerger,” kata sumber.

Sedangkan kemungkinan lain, kesembilan pejabat itu di rotasi. “Yang pasti, jabatan yang kini masih dipegang Plt akan diisi pejabat definitif diantara kesembilan peserta job fit. Demikian juga dengan jabatan Asisten dan staf ahli, akan diisi,” ujar sumber menambahkan. (one)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional