Beredar Pesan WA 25 Nama Caleg Terpilih di Kota Mojokerto, Ini Kata Anggota Dewan - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Beredar Pesan WA 25 Nama Caleg Terpilih di Kota Mojokerto, Ini Kata Anggota Dewan

Beredar Pesan WA 25 Nama Caleg Terpilih di Kota Mojokerto, Ini Kata Anggota Dewan


Mojokerto-(satujurnal.com)
Penghitungan perolehan suara pemilihan anggota legislatif (pileg) DPRD Kota Mojokerto belum selesai, namun dua hari terakhir ini Kota Mojokerto diramaikan dengan beredarnya nama 25 calon anggota legislatif (caleg) yang lolos ke gedung Dewan.

Nama-nama caleg dan partainya dari masing-masing daerah pemilihan (dapil) itu tersiar melalui pesan wathsapp (WA). Dari pesan yang beredar di berbagai kalangan itu, ada sepuluh nama caleg petahana yang masuk bursa kursi legislator. Selebihnya, merupakan pendatang baru.

Namun soal keabsahan hasil pileg ini, salah satu caleg petahana menanggapi diplomatis.

“Ya ada yang benar ada juga mungkin tidak benar. Yang valid tentunya setelah ada keputusan KPUD,” kilahnya.

Hardiyah Santi, anggota DPRD Kota Mojokerto asal Partai Golkar memastikan salah seorang caleg yang lolos lantaran disebut meraup suara signifikan itu datanya prematur. Ia mengaku mengantongi data perolehan suara caleg yang ia maksud.

“Salah satu caleg yang disebut di pesan WA itu, perolehan suaranya tidak signifikan. Dan bisa dipastikan tidak lolos,” sebut perempuan berhijab yang tidak lagi mencalonkan diri di ajang Pileg 2019 tersebut.

Pesan WA itu pun disebutnya pesan berantai yang sulit diketahui ujung pangkalnya. “Asalnya dari siapa, tidak ada yang bisa memastikan,” tukasnya.  

Dan lagi, katanya, semua orang bisa saja membuat nama-nama caleg yang kemudian diedarkan di media sosial. “Jadi ya sebaiknya bersabar menunggu hasil penghitungan KPUD,” sergahnya.

Sementara itu, dikutip dari laman pemilu2019.kpu.go.id, Senin (22/4/2019). pukul 23:00 WIB, untuk pileg Kota Mojokerto dengan tiga dapil telah masuk penghitungan dari 151 tempat pemungutan suara (TPS) atau 34,87 % dari total 433 TPS.

Dari grafik real count sementara KPU tersebut, PDI Perjuangan unggul dengan 20,31%, posisi kedua, PKB dengan 14,68%, disusul Partai Demokrat 12,93%, Partai Golkar 12,74%, PAN 9,84%, Partai Gerindra 7,05%, PKS 7,02%, PPP 4,22%, dan Partai Nasdem 4,07%. Urutan berikutnya, Perindo 2,04%, PKPI 1,78%, PSI 1,37%, Hanura 0,86%, Partai Berkarya 0,65%, PBB 0,29%, dan Partai Garuda berada di posisi terbawah dengan 0,14% suara. (one)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional