Dewan Konsultasi ke Kementerian PAN-RB, Pastikan Formasi P3K dan CPNS 2019 - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Dewan Konsultasi ke Kementerian PAN-RB, Pastikan Formasi P3K dan CPNS 2019

Dewan Konsultasi ke Kementerian PAN-RB, Pastikan Formasi P3K dan CPNS 2019


Mojokerto-(satujurnal.com)
DPRD Kota Mojokerto melakukan konsultasi ke Kementerian PAN-RB terkait formasi CPNS 2019 yang diberikan Kemenpan RB untuk Pemkot Mojokerto, Selasa (9/4/2019). Selain untuk mengetahui kuota CPNS, juga agar bisa segera dipetakan kebutuhan ASN di lingkup Pemkot Mojokerto.

“Kami ingin memastikan dan memperjelas jatah dan formasi CPNS 2019 yang diberikan Kementerian PAN-RB. Ini penting untuk lebih mengerucutkan kebutuhan ASN Pemkot Mojokerto,” kata Wakil Ketua DPRD Kota Mojokerto Junaidi Malik, Kamis (11/4/2019).

Junaidi Malik mendampingi Komisi I (bidang hukum dan pemerintahan) dalam konsultasi tersebut lebih jauh mengatakan, beberapa tahun terakhir jumlah ASN di lingkungan Pemkot Mojokerto mengalami penurunan karena pensiun. Hasil dua kali rekruitmen CPNS 2016 dan 2018, belum juga menutup kebutuhan abdi negara tersebut. Saat ini yang diharapkan yakni rekruitmen tenaga P3K (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) dan CPNS.

Dari konsultasi Komisi I dengan Kemen PAN-RB tersebut, diperoleh kepastian bahwa Pemkot Mojokerto akan mendapat jatah formasi melalui rekrutmen CPNS dan seleksi P3K.

“Kepastian sudah, tapi kuota belum,” sergah politisi PKB tersebut.

Dikatakan Junaidi Malik, rekruitmen P3K tahap pertama awal tahun lalu tak diikuti Pemkot Mojokerto. 

“Sebenarnya ada 28 formasi untuk Pemkot Mojokerto, yakni 26 tenaga guru dan 2 penyuluh pertanian. Kesempatan ini tidak diambil Pemkot lantaran terkendala anggaran,” imbuhnya.  

Terkait anggaran daerah yang dibutuhkan untuk gaji dan pengadaan ASN tahun ini, kata Junaedi, Kemen PAN-RB menghimbau pemda yang butuh melaksanakan rekrutmen ASN agar mengalokasikannya dalam APBD.

“Dengan demikian tidak ada lagi alasan bagi pemerintah daerah untuk tidak mengambil kuota P3K maupun CPNS,” tukasnya. (one/adv)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional