Gelar Simulasi, RS Kamar Medika Evakuasi Puluhan Pasien di Tengah Kobaran Api - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Gelar Simulasi, RS Kamar Medika Evakuasi Puluhan Pasien di Tengah Kobaran Api

Gelar Simulasi, RS Kamar Medika Evakuasi Puluhan Pasien di Tengah Kobaran Api


Mojokerto-(satujurnal.com)
Suasana RS Kamar Medika Kota Mojokerto, siang (3/4) itu mendadak ramai. Kepulan asap terlihat keluar dari jendela dan pintu kamar di Ruang Anggrek. Api yang terus membesar melalap sejumlah ruangan di lantai satu rumah sakit.

Kepanikan pun terjadi. Petugas medis yang melihat titik api, segera mengaktifkan fire alarm dan menghubungi nomor darurat. Dengan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), tim keamanan dengan sigap mencoba memadamkan api.

Namun, api terus membesar dan menjalar ke semua ruangan di lantai satu. Para petugas medis dibantu tim keamanan, kemudian mulai menjalankan prosedur evakuasi untuk menyelamatkan seluruh pasien.

Sejumlah tim siaga bencana RS Kamar Medika pun bergerak cepat. Dengan menggunakan tandu dan kursi roda, petugas mencoba menyelamatkan pasien ke titik evakuasi di luar rumah sakit.

Pada saat bersamaan, tim lainnya menghubungi pemadam kebakaran Kota Mojokerto, kepolisian, PLN, Koramil dan Satpol PP untuk membantu memadamkan api. Tak selang beberapa lama, petugas PMK berhasil menaklukan si jago merah yang sempat menghanguskan puluhan kamar pasien.

Di sisi lain, petugas medis yang berhasil mengevakuasi pasien dan para keluarganya langsung mendapatkan penanganan. Pasien yang mengalami luka serius, langsung dirujuk ke rumah sakit terdekat untuk pertolongan lebih lanjut.

Peristiwa tersebut merupakan simulasi penanggulangan bencana kebakaran, yang dilakukan seluruh tenaga kesehatan di RS Kamar Medika Kota Mojokerto. Simulasi itu, untuk melatih seluruh tenaga medis dan karyawan di rumah sakit yang terletak di Jalan Empunala ini, agar mampu bertindak cepat dengan mengutamakan keselamatan pasien saat terjadi kebakaran.

"Tujuan dari simulasi ini tidak lain untuk mengukur dan mengetahui kesiapan sarana dan prasarana yang ada si Rumah Sakit Kamar Medika, apabila terjadi bencana. Misalnya saja seperti kebakaran," kata Direktur RS Kamar Medika Rambo Garudo. (*/one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional