Hadiri Musrenbang Jatim, Ini Kata Ning Ita Soal Fokus Pembangunan Kota Mojokerto - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Hadiri Musrenbang Jatim, Ini Kata Ning Ita Soal Fokus Pembangunan Kota Mojokerto

Hadiri Musrenbang Jatim, Ini Kata Ning Ita Soal Fokus Pembangunan Kota Mojokerto


Surabaya-(satujurnal.com)
Peningkatan kesejahteraan masyarakat serta pengentasan kemiskinan dan pengangguran melalui pembangunan ekonomi berbasis kerakyatan merupakan fokus utama pembangunan Kota Mojokerto lima tahun kedepan yang tersusun dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Walikota Mojokerto Ika Puspitasari mengutarakan hal itu usai menghadiri acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2019-2024 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Jawa Timur Tahun 2020 di Ballroom Lantai 4 Grand City Convex Surabaya, Jalan Walikota Mustajab, Surabaya, Selasa (9/4/2019).

“Kami telah menyusun RPJMD dengan misi terwujudnya Kota Mojokerto yang berdaya saing, mandiri, demokratis, adil, makmur, sejahtera dan bermartabat yang diwujudkan melalui 7 misi pembangunan dan penetapan indikator kinerja utama sebagai ukuran keberhasilan dalam pencapaian visi dan misi Wali Kota Mojokerto selama lima tahun ke depan,” kata Ika Puspitasari.

Agar terwujud, sambung walikota perempuan pertama di Kota Mojokerto yang biasa disapa Ning Ita ini, kita melakukan inovasi, kreasi dan lompatan-lompatan agar dapat mencapai target yang telah ditetapkan.

“Kita harus melakukan lompatan-lompatan agar target pembangunan selama lima tahun kedepan dapat tercapai. Adapun kebijakan penganggaran berdasarkan money follows program prioritas yang berarti memastikan bahwa hanya program yang benar-benar bermanfaat yang mendapat prioritas alokasi anggaran belanjanya,” jelas Ning Ita.

Ning Ita menambahkan bahwa melalui proses perencanaan partisipatif dan bersifat bottom up dengan output yang terukur serta mempertimbangkan kebijakan penganggaran tersebut, diharapkan akan didapatkan pagu pembiayaan terhadap program prioritas yang realistis.

“Untuk itu saya selalu berpesan dan berharap kepada seluruh OPD agar dapat berpikir inovatif dan kreatif serta think out of the box,” tegas Ning Ita.

Sementara itu, dalam Musrenbang RPJMD Tahun 2019-2024 dan RKPD Provinsi Jawa Timur Tahun 2020 yang dibuka Wakil Menteri Keuangan Republik Indonesia, Mardiasmo dengan didampingi oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak diikuti oleh pimpinan dan ketua komisi dan fraksi DPRD Jawa Timur, Forkopimda Provinsi Jawa Timur, Ketua Partai Politik di Jawa timur, Kepala OPD dilingkungan Pemprov Jatim, Pimpinan BUMN dan BUMD se-Jawa Timur serta Bupati / Wali Kota se-Jatim dan Kepala Bappeda se-Jatim dan perwakilan provinsi lain yang berdekatan. (one)



Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional