Ini Hasil Sementara Real Count KPU, PDI Perjuangan Kota Mojokerto Unggul - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Ini Hasil Sementara Real Count KPU, PDI Perjuangan Kota Mojokerto Unggul

Ini Hasil Sementara Real Count KPU, PDI Perjuangan Kota Mojokerto Unggul

Rekapiltuasi penghitungan suara di  PPK Magersari. 

Mojokerto-(satujurnal.com)
PDI Perjuangan Kota Mojokerto unggul dalam penghitungan secara real count pemilu legislatif (pileg) 2019 yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Dikutip dari website KPU, hingga pukul 11.45 WIB, Sabtu (20/4/2019), untuk pileg Kota Mojokerto telah masuk penghitungan dari 104 tempat pemungutan suara (TPS) atau 24,01 % dari total 433 TPS.

Dari grafik penghitungan sementara penyelenggara pemilu tersebut, PDI Perjuangan unggul dengan 20,04%, disusul PKB 17,29%, Partai Demokrat 13,98%, Partai Golkar 10,82%, PAN 10,77%, Partai Gerindra 7,55%, PKS 5,64%, Partai Nasdem 4,98%. Urutan berikutnya, Perindo 2,56%, PPP meraih 2,51%, PSI mengantongi 1,52%, Hanura 1,12%, Partai Berkarya 0,4%, PBB 0,36%, PKPI0,27% dan Partai Garuda berada di urutan terakhir dengan 0,17% suara.

Sementara itu, organ-organ partai politik (parpol) di Kota Mojokerto terus melakukan penghitungan suara dari data C1 yang diterima dari saksi dan relawan pasca pencoblosan Pileg 2019.

Kalkulasi perolehan kursi parpol dengan metode konversi suara sainte lague yang diterapkan pada Pemilu 2019 dan nama-nama calon anggota legislatif (caleg) yang berpeluang melenggang ke gedung dewan pun terus dipelototi para organ parpol.

Sikap optimis untuk menambah deretan kursi di gedung Dewan ditunjukkan partai-partai besar, kendati masih sebatas klaim.

PDI-Perjuangan Kota Mojokerto optimis meraup sedikitnya 6 kursi. Partai pemenang Pileg 2014 Kota Mojokerto ini bahkan memprediksi wakil mereka di Dewan bisa jadi bertambah, melihat pundi-pundi suara yang didulang.

“Bisa 6 atau 7 kursi,” kata Bendahara DPC PDI Perjuangan Kota Mojokerto, Santoso, Sabtu (20/4/2019).

PKB mempetakan akan meraih 6 kursi dengan perolehan merata di tiga dapil, masing-masing 2 kursi.

“Insya Allah dapat 6 kursi,” kata Junaidi Malik, pengurus PKB Kota Mojokerto yang juga caleg petahana.

Demikian juga dengan Partai Golkar. Partai berlambang pohon beringin ini optimis mampu mendapatkan 4 kursi. “Bisa 4 kursi,” kata Ketua DPD Partai Golkar Sony Basuki Raharjo.

Beberapa petinggi partai lainnya juga menunjukkan sikap optimis mereka. Ini tak lepas dari  metode Sainte Lague dalam penghitungan suara untuk perolehan kursi DPRD yang mereka nilai lebih menguntungkan.

Selain sejumlah caleg petahana yang hampir dipastikan kembali ke gedung Dewan, akan ada wajah-wajah baru yang bakal menjadi legislator daerah.

Dari Dapil I Magersari, menguat nama Nunuk Suryani, caleg PDI Perjuangan, Agus Wahyudi Utomo, caleg Partai Golkar, Indro Tjahyono, caleg Partai Nasdem, Bahrowi, caleg PKB.

Sedangkan dari Dapil II Kranggan, nama Ery Purwanti, caleg PDI Perjuangan paling banyak diperbincangkan. Warga Tropodo, Meri ini meraup perolehan suara tertinggi diantara seluruh caleg di Dapil II.

Di Dapil III Prajurit Kulon, nama Rizky Pancasilawan, caleg PDI Perjuangan disebut-sebut sebagai ‘caleg jadi’. Selain itu ada nama Agus Sucipto, caleg PKS dan Ach Khosum, caleg Gerindra dan  Agung Sucipto, caleg PKS. (one)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional