Serahkan Rombong Dagang Bantuan Kemendag, Begini Pesan Ning Ita - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Serahkan Rombong Dagang Bantuan Kemendag, Begini Pesan Ning Ita

Serahkan Rombong Dagang Bantuan Kemendag, Begini Pesan Ning Ita


Mojokerto-(satujurnal.com)
Pemerintah Kota Mojokerto membagikan 50 rombong dagang dan 100 unit tenda dagang bantuan Kementerian Perdagangan.

Secara simbolis, bantuan diserahkan Walikota Mojokerto Ika Puspitasari kepada dua pelaku usaha sektor informal di gedung raw matareial Disperindag Kota Mojokerto di jalan raya Surodinawan, Selasa (16/4/2019).

“Bantuan Kementerian Perdagangan ini untuk para pelaku sektor informal agar lebih berdaya,” kata Ika Puspitasari.

Rombong dagang dengan berbahan lempeng besi dan kaca dengan dua roda bantuan Kementerian Perdagangan itu dilengkapi etalase dan tempat botol, kompor gas, slang dan regulator serta tabung elpiji melon 3 kilogram kosong.

Sedangkan tenda dagang berbahan tiang dan sling besi dengan penopang berbahan terpal.

Kata Ika Puspitasari, kedua jenis bantuan itu bukan turun begitu saja, namun hasil upaya Pemkot Mojokerto untuk meningkatkan kesejahteraan warga.

“Kami yang meminta Kementerian Perdagangan (bantuan rombong dagang dan tenda dagang),” ungkapnya.

Ia mewanti-wanti agar rombong dagang bantuan itu tidak dipindahtangankan. “Apalagi dijual. Jadi ya harus dimanfaatkan oleh penerimanya,” ingat Ning Ita, sapaan Ika Puspitasari.

Jika pun para pedagang yang notabene binaan Disperindag setempat itu kesulitan modal, menurut Ning Ita, lebih baik mengajukan pinjaman pola Pusyar di BPRS milik Pemkot.

“Kalau butuh modal atau tambahan modal, jangan sampai jual rombong dagang, monggo (silahkan) akses BPRS. Gratis biaya administrasi maupun bunga pinjamannya, ,” singgung dia.

Ning Ita sempat kaget tatkala diketahui salah satu penerima bantuan rombong adalah perempuan berusia 89 tahun.

“Meski sudah berusia lanjut, delapan puluh sembilan tahun tapi masih punya semangat yang tinggi untuk memberdayakan diri. Ini adalah contoh para pejuang tangguh yang harus dicontoh anak-anak muda,” ucap Ning Ita. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional