TP PKK Kota Mojokerto Fokus Cegah Stunting dan Pendampingan Ibu Hamil Resiko Tinggi - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

TP PKK Kota Mojokerto Fokus Cegah Stunting dan Pendampingan Ibu Hamil Resiko Tinggi

TP PKK Kota Mojokerto Fokus Cegah Stunting dan Pendampingan Ibu Hamil Resiko Tinggi


Mojokerto-(satujurnal.com)
TP PKK Kota Mojokerto mengusung program-program yang dikonsentrasikan untuk pelayanan KB di setiap Kecamatan, sosialisasi pemantapan buku KIA, Sosialisasi HIV/AIDS untuk calon pengantin, sosialisasi stunting, sosialisasi serta pendampingan dan pemantauan ibu hamil risiko tinggi.

Ketua Panitia HUT Satrak PKK Kota Mojokerto, Siti Fauziah Choirul Anwar menyampaikan program kerja TP PKK Kota Mojokerto tersebut dalam laporan pelaksanaan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-47 Tahun 2019 di Kota Mojokerto yang digelar di GOR Seni Mojopahit, jalan Gajahmada, Kamis (25/4/2019).

“Tujuan kegiatan ini, selain untuk peringatan secara rutin HUT PKK adalah untuk meningkatkan semangat bekerja dengan penuh pengabdian bagi seluruh elemen yang terkait dengan Gerakan PKK,” kata Siti Fauziah.

Kegiatan ini, ujarnya lebih lanjut, untuk memberikan motivasi bagi semua pihak untuk dapat memberikan pembinaan, pengarahan, dan pendampingan terhadap program-program PKK.

“Sehingga program yang dilaksanakan benar-benar berdampak langsung bagi peningkatan kesejahteraan keluarga dan meningkatkan peran partisipatif bagi semua unsur, baik negeri maupun swasta, untuk mendukung keberhasilan program-program PKK,” paparnya.

Selain itu, kata Siti Fauziah, bahwa TP PKK Kota Mojokerto juga melaksanakan gerakan untuk ber-KB pada Wanita Usia Subur (WUS), pembinaan posyandu, pembinaan taman posyandu, lomba KB lestari serta lomba beberan dari pokja I.

Wakil Walikota Mojokerto Achmad Rizal Zakaria dalam peringatan Hari Kesatuan Gerak (Satrak) PKK 2019 bertema Tingkatkan Kinerja Gerakan PKK Selaras dengan Program Pemerintah melakukan pemotongan tumpeng diberikan kepada
Ketua TP PKK Mojokerto Nur Chasanah Achmad Rizal sekaligus
menandai puncak acara peringatan Hari Kesatuan Gerak (Satrak) PKK 2019 bertema Tingkatkan Kinerja Gerakan PKK Selaras dengan Program Pemerintah tersebut.

Hadir mendampingi orang nomor dua di lingkup Pemkot Mojokerto tersebut antara lain Sekretaris Daerah Kota Mojokerto Harlistyati, Kepala OPD terkait, Camat, Lurah, serta pimpinan organisasi wanita se-Kota Mojokerto

Walikota Mojokerto Ika Puspitasari dalam sambutan yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kota Mojokerto Harlistyati menyampaikan bahwa PKK sebagai organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita turut berpartisipasi dalam pembangunan.

Sebagai mitra kerja pemerintah, TP PKK diharapkan mampu menjalankan kewajiban untuk secara konsisten tetap mengiringi dan mendukung garis kebijakan program pemerintah.

TP PKK senantiasa tumbuh dan berkembang sesuai dengan dinamika perkembangan pembangunan di Indonesia juga diharapkan dapat menjadi benteng utama dan pertama bagi ketahanan keluarga.

TP PKK, lanjut Harlis membacakan sambutan Walikota, diharapkan untuk terus  memberikan bimbingan, pembinaan dan fasilitas yang berkelanjutan kepada kader-kader PKK termasuk dasawisma, sehingga dapat menjaga kebersamaan dan kegotongroyongan agar agenda kerja pemerintahan melalui sejumlah program pembangunan dapat tercapai.

Sementara itu, Ketua Umum Tim Penggerak PKK Erni Guntarti Tjahjo Kumolo dalam sambutan yang dibacakan oleh Ketua TP PKK Kota Mojokerto Nur Chasanah Achmad Rizal berharap agar peringatan HUT PKK bukan semata-mata merupakan kegiatan rutin tahunan saja.

“Kemeriahan dan rasa syukur dalam memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK, haruslah selalu menimbulkan gelora, yakni membawa semangat baru dan energi baru pada setiap gerak langkah dan kridanya Gerakan PKK,” lanjut Nur Chasanah membacakan sambutan Erni Guntarti Tjahjo Kumolo.

Tim Penggerak PKK sebagai mitra kerja pemerintah haruslah mampu menjadi pelopor dan pembaharu yang inspiratif dalam menggerakkan peran serta masarakat dalam pembangunan. “Dengan memahami serta menyadari atas potensi yang kita miliki itulah yang kemudian senantiasa harus kita pelihara, kita kembangkan, dan kita gelorakan secara terus menerus.” imbuh Nur Chasanah.

Nur Chasanah menambahkan karena peran pentingnya PKK dalam masyarakat, Pemerintah mengeluarkan payung hukum melalui Peraturan Presiden Nomor 99 tahun 2017 tentang Gerakan PKK, yang segera akan disusul dengan berbagai peraturan pelaksanaannya.

Dalam kesempatan ini Wakil Wali Kota Mojokerto Achmad Rizal Zakaria atau akrab disapa Cak Rizal menyerahkan hadiah untuk para pemenang lomba beberan yang diselenggarakan oleh Pokja 1, yaitu kepada PKK kelurahan Kranggan sebagai juara 1, PKK kecamatan Kranggan sebagai Juara 2 dan kelurahan Miji sebagai juara 3, serta PKK kelurahan  Balongsari, PKK kecamatan Prajuritkulon, PKK kecamatan Magersari sebagai juara harapan 1, 2 dan 3.

Sertifikat Lulus ASI Eksklusif diberikan oleh Ketua TP PKK Kota Mojokerto kepada Naga Ar Raffi anak dari Sifana Puspitasari anak , Carla Reskita Otavi anak dari Widya Novianti, dan Arrijalu Maulana anak dari Dwinie Maharanie dengan didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Mojokerto. (one)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional