5.972 Siswa Baru di Kota Mojokerto Dapat Seragam Gratis, Ini Target Dispendik - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

5.972 Siswa Baru di Kota Mojokerto Dapat Seragam Gratis, Ini Target Dispendik

Amin Wachid,  Kepala Dispendik Kota Mojokerto (doc. Istimewa) 
Mojokerto-(satujurnal.com)
Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Mojokerto menargetkan distribusi seragam gratis untuk seluruh siswa baru SD, SMP, dan sederajat di awal tahun ajaran baru 2019 / 2020, Juli mendatang.

Saat ini, pengadaan seragam senilai Rp 2,6 miliar tersebut sudah memasuki tahapan lelang.

"Kalau semua proses lancar dan sesuai jadwal lelang, saya targetkan pengadaan seragam gratis ini  rampung sebelum tahun ajaran baru 2019-2020 Juli mendatang," terang .Kepala Dispendik Kota Mojokerto Amin Wachid,  Jumat (17/5/2019).

Anggaran Rp 2,6 miliar menurut Amin dialokasikan untuk pengadaan seragam sekolah untuk 5.972 siswa baru yang dinyatakan diterima PPDB baik di sekolah negeri maupun swasta dari 98 lembaga SD/MI dan SMP/MTS se-Kota Mojokerto.

Sebanyak 2.920 siswa di antaranya berasal dari 74 lembaga SD, MI, dan SDLB dengan total Rp 1,08 M. Sedangkan 3.052 siswa tersebar di 24 lembaga SMP, MTs, dan SMPLB yang bakal menyerap Rp 1,52 M.

Setiap siswa bakal menerima tiga setel kain seragam. Terdiri dari seragam nasional merah-putih bagi SD dan biru-putih bagi SMP.  Selain itu juga mendapatkan seragam pramuka serta seragam khas Kota Mojokerto orange-hitam. Total pengadaan, yakni 17.916 setel.

”Jumlahnya tidak berubah signifikan seperti tahun lalu, karena tidak ada penambahan rombel (rombongan belajar),” imbuhnya.

Menurut Amin, proses pengadaan program seragam gratis SD/SMP itu telah dikebut sejak April lalu. Diawali dengan pengiriman sampel kain untuk diuji laboratorium di Balai Besar Kerajinan Batik Yogyakarta. Proses tersebut guna mengetahui kualitas kain seragam.

”Proses uji lab sudah tuntas April kemarin. Kemudian kita ajukan lelang dan sekarang sudah tahap penawaran di laman LPSE (Lembaga Pengadaan Barang/Jasa Secara Elektronik) Kota Mojokerto,” terangnya.

Amin menyebutkan, pemenang lelang paling lambat akan diumumkan pada pertengahan Juni mendatang.

”Mudah-mudahan pertengahan Juni sudah tandatangan kontrak,” tandasnya.

Pemenang tender diberi waktu merampungkan pengadaan kain seragam sekitar satu bulan. Dengan demikian, jika tidak ada kendala seluruh tahapan di-deadline rampung sebelum tahun ajaran baru 2019/2020 dimulai.

Sesuai jadwal, rangkaian Penerimaan peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SD/SMP jalur reguler mulai dibuka pada 2-5 Juli mendatang.  Sedangkan hasil penerimaan akan diumumkan pada 8 Juli. Sementara bagi siswa yang dinyatakan diterima diberi kesempatan mendaftar ulang pada 11-12 Juli.

”Harapan kami seragam bisa dibagikan minggu kedua Juli saat tahun ajaran baru,” ujar Amin.

Wakil Walikota Mojokerto Achmad Rizal Zakaria mengapresiasi langkah cepat Dispendik tersebut. Hal ini karena seragam gratis sangat berarti bagi wali murid pada saat tahun ajaran baru nanti.

"Saya optimis bisa dibagikan sesuai jadwal sebelum tahun ajaran baru. Langkah Dispendik untuk segera melakukan lelang ini tergolong paling cepat diantara yang lain," tandas Cak Rizal, sapaan akrab Wakil Wali kota Mojokerto ini. (one)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional