Gubernur Jatim Tinjau Lokasi Bencana Banjir di Mojokerto - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Gubernur Jatim Tinjau Lokasi Bencana Banjir di Mojokerto

Gubernur Jatim Tinjau Lokasi Bencana Banjir di Mojokerto


Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat di lokasi banjir Mojokerto, Senin (6/5/2019). foto. dok. Pemprov Jatim
Mojokerto-(satujurnal.com)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau lokasi bencana banjir di Desa Tempuran, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Senin (6/5/2019).



Khofifah didampingi Wakil Bupati Mojokerto Pungkasiadi serta Kepala BPPD Kabupaten Mojokerto Achmad Zaini dan perwakilan Balai Besa Wilayah Sungai Brantas (BBWS) dengan menggunakan perahu karet dilokasi yang terendam banjir sejak 6 hari itu. Ia melihat rumah warga yang terendam banjir setinggi 60-70 centimeter.



Saat meninjau lokasi sungai pembuangan sipon yang memiliki 3 pintu pembuangan air.



“Pintu pertama berjalan normal, pintu kedua berjalan kurang maksimal dan pintu ketiga tidak berjalan dengan maksimal,” kata Khofifah.



Ia meminta agar dilakukan pembersihan di sekitar sipon. Ini agar ketiga pintu sungai itu kembali berfungsi normal.



“Untuk mencegah banjir terjadi lagi, maka perlu dilakukan revitalisasi dan normalisasi sungai dari BBWS Bengawan Solo dan Sungai Brantas,” katanya.



Revitalisasi terlebih dulu dilakukan di bagian hulu dan hilir sungai. “Titik-titiknya bisa melalui normalisasi sedimentasi pada sungai,” ujar Khofifah.



Selain itu, ujarnya lebih lanjut, juga harus dilakukan revitalisasi jangka panjang, seperti pembangunan waduk dan tanggul yang mempunyai pintu air yang bisa berfungsi dengan baik.



Khofifah menilai, bencana banjir yang terjadi di mojokerto bisa berdampak ke kota kota lainnya seperti kota Gresik Dan Kota Jombang melalui sungai lamong.



Sebelum ke lokasi banjir, Khofifah meninjau dapur umum dan posko lokasi bencana banjir. Ia berdialog dengan yang tergabung dalam tagana, sekaligus memastikan kecukupan bantuan bagi korban banjir, seperti mie instan, sembako dan makanan siap saji. (one)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional