Mudik Lebaran, Astra Prediksi Kepadatan Kendaraan di Tol Jomo Naik 40,5 Persen - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Mudik Lebaran, Astra Prediksi Kepadatan Kendaraan di Tol Jomo Naik 40,5 Persen

Mudik Lebaran, Astra Prediksi Kepadatan Kendaraan di Tol Jomo Naik 40,5 Persen

Jombang-(satujurnal.com)
Astra Infra Toll Road Jombang-Mojokerto, pengelola ruas tol Jombang-Mojokerto (tol Jomo) memprediksi kenaikan traffic kendaraan di periode H-7 sampai dengan H+7 lebaran tahun sebesar 40,5 persen dari lebaran tahun 2018 atau sekitar 606.015.

Ega N. Boga, Direktur Teknik dan Operasu Astra Tol Jomo mengutarakan hal itu dalam konferensi pers, si kantor MHI Jombang,  Senin (27/5/2019).

"Puncak arus mudik diperkirakan terjadi H-5 hingga H-3. Namun berdasar trend lalu lintas pada lebaran tahun 2018 di tol Jomo, kepadatan tertinggi terjadi pada lebaran hari kedua dan H+1 karena arus lokal untuk silaturahmi dan wisata religi," imbuhnya. 

Sementara itu, Tomy Rabyansyah, Kepala Departemen Operasi 1 Astra Tol Jomo mengatakan ada yang berbeda pada lebaran tahun ini. Terhubungnya tol trans jawa pada akhir 2018 membuat pemudik dapat pulang kampung halaman lebih mudah dan cepat.

"Sebagai anak usaha Astra Infra grup, Astra Infra Toll Road Jomo, pengelola ruas tol Jomo telah menyiapkan infrastruktur dan berbagai fasilitas serta layanan jelang lebaran. Hal ini sesuai dengan tema Insirasi Mudik ASIK Bersama Tol Jomo Yakni Aman, Siap dan memberikan Kenyamanan," terangnya.

Inspirasi layanan mudik yang dilakukan meliputi operasional, kompetensi sumber daya maupun infrastruktur diantaranya fasilitas TIP (Tempat Istirahat dan Pelayanan), kualitas jalan.

Untuk keamanan pengguna jalan, tol Jombang Mojokerto juga dilengkapi dengan peralatan penunjang keselamatan dan rambu rambu.

Sedangkan untuk kenyamanan terutama bagi pemudik yang lelah dan ingin beristirahat, Astra tol Jomo telah menyediakan 4 TIP yaitu Teras Melati 695 KM 695 A (arah Surabaya) dan Teras Dipa KM 678 B (arah Kertosono) yang telah di-upgrade menjadi TIP dengan konsep bangunan modern, lebih luas, nyaman serta dilengkapi lokasi foto yang instragramable. Sehingga para pengunjung dapat memanfaatkan untuk ber-selfie. Sedangkan 2 Rest area lainnya berlokasi di KM 695 B dan KM 678 A.

Untuk meningkatkan kenyamanan bagi pemudik yang memerlukan informasi maupun bantuan saat di jalan tol, dapat menghubungi petugas call center yang selalu siaga 24 jam.

Tak hanya itu, Tomy juga menyebut sebagai Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang tergabung dalam Asosiasi Tol Indonesia (ATI) Astra Tol Jomo turut serta dalam program diskon tarif tol saat lebaran tahun ini.

"Diskon yang diberikan adalah sebesar 15 persen. Dan ini mulai berlaku pada periode arus mudik 2019, yaitu pada tanggal 27 mei hingga 29 Mei 2019. Sedangkan periode arus balik berlaku mulai tanggal 10 Juni hingga 12 Juni 2019," pungkasnya. (one) 

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional