Orang Tua Wajib Tahu !, Ini Syarat Baru PPDB SD 2019 Kota Mojokerto - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Orang Tua Wajib Tahu !, Ini Syarat Baru PPDB SD 2019 Kota Mojokerto

Orang Tua Wajib Tahu !, Ini Syarat Baru   PPDB SD 2019 Kota Mojokerto

foto doc. istimewa
Mojokerto-(satujurnal.com)
Para orang tua yang akan mendaftarkan anak mereka sebagai calon siswa baru sekolah dasar di wilayah Kota Mojokerto harus terlebih dahulu memastikan jika anak mereka sudah menjalani imunisasi lengkap.sebelum menuju meja PPDB SD 2019 yang bakal dibuka 2 Juli mendatang. 

Pasalnya,  syarat imunisasi lengkap bagi calon siswa baru SD yang disorong dinas Kesehatan Kota Mojokerto itu diterima dinas pendidikan setempat untuk diberlakukan. 

"Itu (imunisasi lengkap)  merupakan ide bagus, kita sudah membicarakannya bersama Dinkes.  Gagasan ini akan kita implementasikan dalam PPDB tahun ini, " ujar Kepala Dispendik Kota Mojokerto, Amin Wachid, Senin (27/5/2019). 

Amin berharap keharusan imunisasi lengkap sebagai salah satu syarat itu akan berimbas pada peningkatan derajat kesehatan anak-anak. Selain itu,  kewajiban penyertaan bukti imunisasi lengkap sebagai syarat masuk sekolah akan meningkatkan kedisplinan calon wali murid untuk mengimunisasi anaknya secara tepat waktu. 

"Ini untuk mendisplin calon wali murid agar secara teratur mengimunisasikan anaknya sesuai target. Sehingga kesehatannya terjaga sejak usia dini, " tambahnya. 

Meski demikian,  erhadap anak yang belum menerima imunisasi lengkap, Amin menyatakan pihaknya akan memberi kelonggaran. Dengan catatan Dinkes harus mengimunisasi anak didik baru sesuai rencana.

"Dinas Kesehatan harus bisa memberikan kepastian jika ada anak yang masih belum lengkap melakukan imunisasi. Itu bisa dilakukan di sekolah maupun di rumah, " pungkasnya. 

Diberitakan sebelumnya,  Dinkes 
Kota Mojokerto membuat terobosan baru untuk menggalakkan imunisasi bagi anak usia dibawah 7 tahun.  Yakni dengan penerapan imunisasi lengkap sebagai prasyarat bagi calon siswa baru tingkat sekolah dasar di seluruh wilayah Kota Mojokerto.

Penggalakan imunisasi lengkap diharapkan  dapat mencegah dan melindungi anak-anak dari penyakit berbahaya  dan memberi kekebalan tubuh anak sehingga angka kesakitan dan kematian semakin menurun serta dapat mengurangi kecacatan akibat penyakit tertentu. 

"Ini menjadi kajian kami, bahwa anak pada usia tujuh tahun telah menerima imunisasi lengkap. Untuk itu kami akan berbicara dengan pihak Dinas Pendidikan agar menjadikan imunisasi ini sebagai syarat mutlak masuk sekolah dasar, " kata Kepala Dinkes Kota Mojokerto, Christiana Indah Wahyu, Kamis (23/5/2019). 

Alasan yang mendasari penerapan imunisasi lengkap itu, yakni agar 
kualitas kesehatan anak di Kota Mojokerto akan terpelihara.

"Anak-anak akan sehat, dan mereka sudah tidak lagi menerima vaksinasi di sekolah kecuali yang sifatnya imunisasi lanjutan, " sebut Indah. (one) 

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional