Spirit of Mojopahit Jadi Tema Sentral Kirab Budaya Mojobangkit - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Spirit of Mojopahit Jadi Tema Sentral Kirab Budaya Mojobangkit


Mojokerto-(satujurnal.com)
Kirab Budaya Banjaran Mojobangkit menjadi acara puncak dalam peringatan Hari Jadi Kota Mojokerto ke-101 yang digelar di depan perkantoran Pemerintahan Kota Mojokerto, Kamis (27/6/2019).

Ratusan seniman dan warga masyarakat terlibat dalam helatan kirab budaya dengan tema sentral ‘Spirit of Mojopahit’ tersebut.

Peserta Kirab Budaya Banjaran Mojobangkit diberangkatkan oleh Wakil Walikota Mojokerto, Achmad Rizal Zakaria dari Rumah Dinas Wali kota Mojokerto di Jalan Hayam Wuruk No 50 Kota Mojokerto. Dari jalan Hayam Wuruk peserta melewati Jalan Letkol Sumarjo, Klenteng Hok Sian Kiong, Pasar Tanjung Anyar menuju Kantor Wali kota Mojokerto, di Jalan Gajah Mada.

Selain Tari Bedoyo Gayatri Raja Patmi, Tari Pasar Tanjung Anyar, Seni Pencak Dor serta Reog Ponorogo dan Barongsai, dalam kirab budaya ini juga digelar tari Remo massal bertajuk Mojongremo. Seluruh peserta parade, jajaran ASN dan Forkompimda pun diajak Walikota menari remo bareng, tepat pukul 10.01 WIB.

“Kirab Budaya Banjaran Mojobangkit ini merupakan bagian dari upaya kita melestarikan dan mengembangkan seni budaya lokal. Kegiatan ini digelar untuk menyatukan harmonisasi di bumi Mojopahit,” kata Walikota Ika Puspitasari dalam sambutannya.

Ning Ita, sapaan karib Ika Puspitasari mengaku merasa tergerak membangkitkan kejayaan Mojopahit yang terkenal tangguh mempersatukan seluruh Nusantara.

“Spirit of Mojopahit kita jadikan tema dalam kegiatan ini untuk mengingatkan kembali akan kebesaran Kerajaan Mojopahit, sebuah kerajaan yang termashur di abad ke-14, kerajaan yang kaya, kuat dan sejahtera dengan Mojokerto sebagai pusat pemerintahan dan kekuasaan,” katanya.

Bersama para budayawan dan seluruh elemen masyarakat, lanjut ia, marilah kita menggaungkan kembali kejayaan Mojopahit melalui penyelenggaraan event– event seperti kirab budaya kita pada hari ini, dan juga Mojongremo–Mojokerto menari, yang merupakan embrio kecil dari Spirit of Mojopahit..

“Melalui Kirab Budaya Banjaran Mojobangkit ini saya harapkan generasi muda dan kaum milenial di Kota Mojokerto semakin mencintai budaya lokal dan tidak mudah terpengaruh dengan budaya asing,” cetus Ning Ita.

Masuknya budaya asing, katanya lebih jauh, kadang kala memberikan kontradiksi dengan nilai-nilai serta kultur masyarakat kita, sehingga dengan generasi muda dan kaum milenial yang mencintai budaya lokal akan membentuk generasi muda Kota Mojokerto yang berkarakter dan memiliki kepribadian yang terpuji.

“Bersama para budayawan dan seluruh elemen masyarakat, marilah kita menggaungkan kembali kejayaan Mojopahit melalui penyelenggaraan event– event seperti kirab budaya kita pada hari ini, dan juga Mojongremo–Mojokerto menari, yang merupakan embrio kecil dari Spirit of Mojopahit.”lanjut Ning Ita.

Kirab Budaya Banjaran Mojobangkit ditutup dengan pembacaan ikrar Mojokbangkit yang dipimpin oleh Ning Ita. (one)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional