Kenalkan Flatform ‘JAGA’, KPK Ajak Lurah dan Camat Cegah Korupsi Dana Kelurahan - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Kenalkan Flatform ‘JAGA’, KPK Ajak Lurah dan Camat Cegah Korupsi Dana Kelurahan

Kenalkan Flatform ‘JAGA’, KPK Ajak Lurah dan Camat Cegah Korupsi Dana Kelurahan


Mojokerto-(satujurnal.com)
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar workshop implementasi aplikasi mobile "JAGA" (Jaringan Pencegahan Korupsi Indonesia) di Sektor Dana Desa/Kelurahan kepada camat, lurah dan Ketua LPM se Kota Mojokerto di Graha Praja Wijaya, Pemkot Mojokerto, Selasa (9/7/2019).

Workshop ‘JAGA’ dalam rangkaian roadshow bus KPK yang singgah di Kota Mojokerto ini diberikan kepada petinggi kecamatan dan kelurahan serta LPM tak lepas dari pengguliran dana kelurahan yang bersumber dari DAU tambahan tahun 2019.

Mereka tidak saja diperkenalkan dengan flatform JAGA sebagai bentuk baru pencegahan korupsi masa depan dengan berbasis digital, namun juga diajak bersimulasi soal penganggaran dana kelurahan secara tepat, sesuai instrumen hukum yang harus diikuti sehingga tidak ada tumpang tindih mata anggaran.  

Petugas KPK memberikan serangkaian kegiatan implementasi penggunaan JAGA dalam pencegahan korupsi.

Sebelum workshop dimulai, para lurah dan pengurus LPM tampak sibuk mengunduh aplikasi berbasis android yang dinisiasi KPK tersebut.

“Melalui workhop JAGA teman-teman bisa lebih tahu bagaimana mengelola dana kelurahan untuk kegiatan pembangunan sarpras dan pemberdayaan masyarakat yang melibatkan kelompok masyarakat atau organisasi kemasyarakatan secara benar, akuntable dan transparan,” kata salah satu lurah.

Dalam workshop, KPK membeber alur penggunaan dana kelurahan sebagaimana diatur Permendagri 130 Tahun 2018 sebagai Pedoman Pengelolaan Kegiatan yang Bersumber dari Dana Kelurahan Tahun Anggaran 2019.

Poin yang paling ditekankan, soal potensi korupsi dana kelurahan, antara lain mark up pengadaan barang dan jasa, kegiatan-kegiatan yang fiktif dan pekerjaan yang tidak sesuai dengan spesifikasi. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional