Angin Kencang Sebabkan Pohon di Jalan Hayam Wuruk Tumbang - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Angin Kencang Sebabkan Pohon di Jalan Hayam Wuruk Tumbang

Angin Kencang Sebabkan Pohon di Jalan Hayam Wuruk Tumbang

(foto doc. istimewa)

Mojokerto-(satujurnal.com)
Sebatang pohon Dadap Merah di tepi jalan Hayam Wuruk, Kota Mojokerto tumbang ditengah hembusan angin kencang, Selasa (13/8/2019). Tak pelak, robohnya pohon menyebabkan satu tiang penerangan jalan rusak. Pun lalu lintas sempat macet lantaran pohon setinggi sekitar 7 meter itu menutup jalan.  Tak ada korban dalam insiden ambruknya pohon yang sudah termakan usia tersebut.

Enam orang petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat datang ke lokasi kejadian tak lama setelah kejadian untuk menebang patahan batang dan ranting pohon berukuran besar itu untuk diangkut di atas kendaraan truk yang sudah disiapkan. Tiga puluh menit kemudian, lokasi kejadian yang tak jauh dari rumah dinas Walikota Mojokerto itu sudah tampak bersih.

Menurut Kepala Bidang Pemulihan Peningkatan Kualitas Lingkungan Hidup DLH Kota Mojokerto, Erijanto, selain akibat hebusan angin kencang, faktor lain yang menyebabkan tumbangnya pohon itu yakni kondisi batang dan akar yang sudah kerobos.  

Sementara untuk mencegah pohon tumbang, Erijanto menyatakan pihaknya akan melakukan beberapa langkah, seperti pemeriksaan keliling untuk memeriksa pohon-pohon yang tak lagi kokoh dan rawan tumbang. Termasuk merapikan pohon yang memiliki dedaunan yang lebat dan memiliki banyak ranting.

Setidaknya, ujar Erijanto, sudah ada dua pohon tepi jalan yang tumbang di bulan ini. Selain di Jalan Hayam Wuruk, tumbangnya batang pohon juga terjadi di jalan Wates Senin kemarin. (one)




Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional