Sambut HUT Kemerdekaan RI dan Haornas, Pemkot Mojokerto Gelar Jalan Sehat dan Gerak Jalan - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Sambut HUT Kemerdekaan RI dan Haornas, Pemkot Mojokerto Gelar Jalan Sehat dan Gerak Jalan

Sambut HUT Kemerdekaan RI dan Haornas, Pemkot Mojokerto Gelar Jalan Sehat dan Gerak Jalan


Mojokerto-(satujurnal.com)
Ribuan pelajar level SD hingga SMA di Kota Mojokerto terlibat dalam acara Jalan Sehat dan Gerak Jalan Pelajar 2019 memperingati Hari Kemerdekaan ke - 74 dan Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang diberangkatkan Walikota Mojokerto Ika Puspitasari di depan  kantor Pemkot Mojokerto, Sabtu (14/9) pagi.

Meski mengambil start yang sama dan diberangkatkan dalam waktu yang bersamaan, namun rute dan finish jalan sehat dan gerak jalan berbeda.

Jalan sehat dimulai dari halaman kantor Pemerintah Kota di jalan Gajah Mada  menuju finish di kantor Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Mojokerto,  jalan Joko Tole, Magersari. .

Sementara gerak jalan yang diikuti 170 regu dengan total peserta sebanyak 2.890 pelajar, terbagi dalam dua klasifikasi. Untuk pelajar SD dan MI, menempuh rute sejauh kurang lebih tiga kilometer. Dimulai darai halaman kantor Pemkot Mojokerto di Jalan Gajah Mada  menuju simpang empat jalan Empunala. Dilanjutkan menuju jalan Benteng Pancasila dan finish di Jalan Gajah Mada.

Sedangkan untuk rute gerak jalan pelajar setingkat SMP dan SMA yang menempuh perjalanan kurang lebih enam kilometer, dimulai dari titik start di depan kantor Pemkot Mojokerto di Jalan Gajah Mada  menuju jembatan Gajah Mada. Lalu putar ke Jalan Hayam Wuruk, Jalan Trunojoyo, Jalan Ijen, Jalan Semeru, Jalan Benteng Pancasila dan berakhir di Jalan Gajah Mada.

Kepala Dinas Pendidikan Amin Wachid mengatakan, kegiatan Jalan Sehat dan Gerak Jalan Pelajar 2019 ini diharapkan dapat meningkatkan gemar olahraga di kalangan generasi muda khususnya di Kota Mojokerto. Serta, meningkatkan pemahaman dan keterampilan baris-berbaris dengan benar sejak dini bagi para pelajar.

"Sekaligus, dapat meningkatkan nilai patriotisme, nasionalisme, serta menyadari pentingnya persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Untuk itu, semoga kegiatan ini dapat menjadi motivasi tersendiri bagi pelajar di seluruh Kota Mojokerto tercinta ini," kata mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup ini.

Sementara itu, Walikota Mojokerto Ika Puspitasari mengajak kepada seluruh warga Kota Mojokerto untuk turut mengkampanyekan gerakan olahraga. Sehingga, gerakan 'ayo gerak' yang dicanangkan oleh Pemerintah Kota Mojokerto dapat terlaksana disegala usia.

"Semoga dari kegiatan ini, dapat memotivasi para pelajar serta masyarakat di Kota Mojokerto untuk selalu kontinu dalam menggerakkan tubuh. Jadi, tidak seperti yang diviralkan saat ini, mager atau males gerak. Padahal itu tidak seharusnya diviralkan," kata Ning Ita, sapaan akrabnya.

Selain kegiatan jalan sehat dan gerak jalan pelajar, Ning Ita juga memberikan penghargaan bagi 14 putra putri Kota Mojokerto yang berhasil meraih prestasi pada event Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Jawa Timur pada beberapa waktu lalu. Prestasi ini diraih dari cabang olahraga angkat berat, gulat, karate, atletik, billiard, judo dan dancesport.

"Kota Mojokerto sudah sepatutnya berbangga. Mereka ini telah mengharumkan Kota Mojokerto dan berhasil membawa pulang medali emas, perak dan perunggu. Dari berbagai cabang olahraga," tutupnya. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional