Ning Ita Canangkan Kawasan Pendidikan di Kelurahan Kranggan - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Ning Ita Canangkan Kawasan Pendidikan di Kelurahan Kranggan

Mojokerto-(satujurnal.com) 
Lingkungan perumahan Gatoel di wilayah Kelurahan / Kecamatan Kota Mojokerto dicanangkan Walikota Mojokerto Ika Puspitasari sebagai 'Kawasan Pendidikan', Minggu (6/10/2019) pagi.

Alasan ditetapkannya Lingkungan Perumahan Gatoel sebagai kawasan pendidikan lantaran di area perumahan pertama yang ada di Kota Mojokerto ini berdiri 12 lembaga pendidikan dari jenjang Paud, TK, SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi.

"Ini (kawasan pendidikan) merupakan ide murni dari Walikota dan Wakil Walikota. Penvanangan Ini tidak lain sebagai upaya dalam mengembangkan pendidikan formal dan informal untuk anak-anak di seluruh Kota Mojokerto," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Mojokerto Amin Wachid.

Festival Bulan Bahasa 2019 yang diinisiasi Dinas Pendidikan setempat menandai pencanangan yang dihadiri unsur Forkompimda, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), guru dan pelajar seluruh Kota Mojokerto.

Di festival, digelar beragam permainan tradisional, gerakan literasi nasional dan gerakan orangtua membaca. Ada sedikitnya 12 ragam dolanan yang disuguhkan di hadapan wali kota. Seperti, dakon, lompat tali, cublak-cublak suweng, kelereng, lempar buah dan masih banyak lainnya.

Permainan yang dihadirkan oleh anak-anak pelajar dari SD sampai SMP ini, ujar Amin, tidak lain untuk mengalihkan perhatian mereka dari gadget serta mengakali minimnya lokasi olaraga yang ada di Kota Mojokerto.

"Jadi, melalui permainan tradisional mereka tetap bisa bermain, meskipuan keterbatasan tempat," jelas Amin.

Sementara itu, Walikota Mojokerto Ika Puspitasari berharap, dengan adanya Festival Bulan Bahasa 2019 dan peresmian pencanangan kawasan pendidikan di Lingkungan Kranggan, dapat memberikan manfaat. Serta dapat terwujudnya sumber daya manusia yang unggul demi Indonesia Maju.

"Bagimana kota kecil ini, yang dulunya merupakan pusat Kerajaan Majapahit pada abad 13 lalu, kembali bisa 'moncer' di abad ini dengan segala potensinya. Seperti mimpi kita bersama, kecil tapi indah, kecil tapi luar biasa dan kecil seperti berlian. Kami yakin, akan banyak anak-anak generasi yang berkualitas lahir dari Kota Mojokerto yang kita cintai," kata Ning Ita, sapaan karib Ika Puspitasari.

Selain meresmikan pencanangan kawasan pendidikan di Kelurahan Kranggan, Ning Ita juga menandatangani MoU dengan Universitas Mayjen Sungkono terkait pelaksanaan kegiatan Tri Dharma perguruan tinggi pada Pemerintah Kota Mojokerto. (hms/one).


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional