Pengurus Dekranasda Kota Mojokerto 2018-2023 Dikukuhkan - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Pengurus Dekranasda Kota Mojokerto 2018-2023 Dikukuhkan

Pengurus Dekranasda Kota Mojokerto 2018-2023 Dikukuhkan

Mojokerto-(satujurnal.com)
Walikota Mojokerto Ika Puspitasari mengukuhkan Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Mojokerto periode 2018 -2023, Kamis (10/10/2019).

Ketua Umum Dekranasda Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Dardak tampak hadir dalam prosesi pengukuhan yang digelar di Balai Kota Graha Praja Wijaya Pemkot Mojokerto tersebut.
Walikota berharap agar kepengerusan baru Dekranasda yang baru saja ia kukuhkan akan mampu menjadi bagian dari elemen yang akan menjadikan kota Mojokerto sebagai kota yang berdaya saing, mandiri demokratis, adil makmur dan sejahtera. Karena, seyogianya Kota Mojokerto memiliki segudang potensi unggul dalam bidang ekonomi kreatif.
"Sejalan dengan visi dan misi pemerintah, ekosistem kepariwisataan yang ada di Kota Mojokerto bisa sejalan beriringan dengan potensi-potensi yang dimiliki. Melalui binaan Dekranasda, para pelaku industri diharapkan mampu menciptakan produk yang membanggakan. Sehingga bisa menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung," kata Ning Ita, sapaan Walikota Ika Puspitasari.

Sementara itu, Ketua Umum Dekranasda Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin, mengapresiasi upaya Pemerintah Kota Mojokerto dalam menggerakkan pelaku industri kecil menengah (IKM), Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Usaha Kecil Menengah (UKM). Dimana, keberadaan Dekranasda sebagai jembatan penghubung antara masyarakat dengan pemerintah, mampu melahirkan perekonomian yang dapat mengangkat kesejahteraan pelaku industri di seluruh pelosok daerah.

"(Dekranasda) sebagai mitra, itu bukan untuk membebankan, kami itu mitra untuk meringankan pekerjaan pemerintah kota dan menjadi jembatan antara pemerintah dengan masyarakat. Mitra antara perajin dengan pemerintah dan pelaku usaha. Jika produk yang dihasilkan memiliki kualitas bagus, diharapkan dapat dinikmati hingga ke pangsa internasional," kata Arumi, sapaan akrabnya.

Usai mengukuhkan pengurus Dekranasda Kota Mojokerto, Ning Ita mengajak Ketua Umum Dekranasda Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin, untuk melihat gelaran Mojokraft yang diikuti para pelaku IKM dan UKM di Kota Mojokerto. Event bergengsi ini diselenggarakan mulai 10 - 13 Oktober.


Berbagai pameran produk hasil dari para pelaku IKM, UMKM dan UKM dihadirkan dalam acara ini. Mulai dari batik, aksesoris, sepatu, sandal hingga makanan khas Kota Mojokerto. Acara yang dikemas secara meriah ini, tidak hanya menyuguhkan berbagai produk dari para perajin. Melainkan juga ada kompetisi audisi model parade Mojobatik, lomba tari tradisional kreasi baru Mojopahit, lomba desain batik tulis dan pesta menggambar landmark Kota Mojokerto. (hms/one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional