Walikota Sidak Proyek Gorong-Gorong Beton - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Walikota Sidak Proyek Gorong-Gorong Beton


Mojokerto-(satujurnal.com)
Proyek rehabilitasi saluran air di jalan Mojopahit Kota Mojokerto disidak Walikota Ika Puspitasari, Jum’at (25/10/2019).

Walikota turun memeriksa sejumlah titik pekerjaaan box culvert atau gorong-gorong beton yang menghubungkan saluran di dua wilayah kelurahan senilai Rp 3,1 miliar yang digarap CV Dwi Mulya Jaya tersebut.

“Selama ini warga mengeluhkan genangan yang masuk ke pemukiman setiap kali turun hujan. Dan ini, salah satu solusi untuk mengatasinya," kata Ning Ita, sapaan Ika Puspitasari, disela-sela sidak.

Menurut Ning Ita, genangan yang masuk ke pemukiman warga dikarenakan tidak optimalnya saluran air, elevasi kurang dan daya tampung tidak maksimal, sehingga menyebabkan air kembali dan menggenang. Untuk itu, pemerintah daerah mulai melakukan perbaikan infrastruktur guna mengatasi banjir.

"Di musim penghujan, banyak warga Kota Mojokerto yang mengeluhkan genangan yang masuk ke pemukiman. Karena, tidak optimalnya saluran air. Untuk itu, tahun ini kami pemerintah daerah memfokuskan perbaikan infrastruktur sebagai solusi mengatasi banjir. Dengan menambah besaran volume box culvert sehingga bisa menampung besaran air yang masuk," katanya.

Pengerjaan box culvert di Jalan Majapahit sengaja dikebut penggarapannya oleh pemerintah daerah. Karena, dikhawatirkan dapat menimbulkan kemacetan disaat jam berangkat atau pulang kerja.

"Karena ini akses utama kota, takutnya menimbulkan kemacetan saat jam sibuk. Jadi, kami utamakan pengerjaanya di sini dulu. Baru secara bertahap di titik lainnya," imbuhnya.

Ya, tahun ini ada sedikitnya puluhan saluran gorong-gorong di setiap kelurahan yang akan diperbaiki oleh pemerintah daerah. Pengerjaan ini, merupakan usulan warga yang ditampung dalam musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) yang dilakukan secara bertahap.

Selain rehabilitasi saluran air jalan Mojopahit tahun ini Pemkot Mojokerto juga membedah saluran air di jalan Empunala. Saluran air disisi utara jalan tersebut dibongkar dan akan digantikan dengan saluran air ugether yang baru. Pekerjaan bernilai miliaran rupiah tersebut kini masih berlangsung dan diharapkan tuntas sebelum tutup tahun. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional