Chaitra Majapahit 2019, Ajang Pamer Karya Seniman Mojokerto - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Chaitra Majapahit 2019, Ajang Pamer Karya Seniman Mojokerto

Chaitra Majapahit 2019, Ajang Pamer Karya Seniman Mojokerto

Mojokerto-(satujurnal.com)
Puluhan lukisan, wayang beber dan kriya karya seniman Mojokerto bisa dinikmati khalayak di area Festival Chaitra Majapahit 2019 di GOR dan Seni Majapahit, jalan Gajahmada, Kota Mojokerto.

Di ajang pamer karya para perupa yang dihelat selama sepekan, 14 – 19 Nopember 2019 terbuka untuk umum dan gratis ini pengunjung bisa sepuasnya menikmati setiap lukisan , bahkan emosi yang muncul dari goresan tangan si perupa.

Sementara ketika bergeser di sudut pamer wayang beber, pengunjung bisa menikmati wayang beber karya talenta-talenta muda sekaligus diajak membongkar stigma bahwa wayang beber sudah ‘aus’ termakan jaman.

Tidak saja sajian karya seni, di ajang pameran bertajuk ‘Mitreka Satata’ alias sahabat setara yang dibuka Supriyadi Karima Syaiful, suami Walikota Mojokerto Ika Puspitasari ini juga digelar workshop seni rupa, seni kriya dan wayang beber.

Ketut Wijaya, inisator pameran mengatakan, Chaitra Majapahit 2019 digarap bareng sejumlah seniman dalam waktu yang relatif singkat. Tidak lebih dari sepekan, ia dan sejawatnya harus berjibaku untuk mewujudkan kerja majemuk sebagai upaya menebar semangat kebersamaan untuk menghidupkan ekosistem kebudayaan di tlahtah Majapahit.

“Pameran ini merupakan andil partisipan (seniman) dalam mengusung tema yang sama yang mereka tekuni yakni budaya panji yang jadi tradisi khas Kerajaan Majapahit. Ada nilai kepahlawanan, perjuangan dan budaya lokal yang dirawat dan tumbuh dengan harmoni dalam spirit yang sama,” katanya.

Alexandri Luthfi, dosen Fakultas Seni Media Rekam (FSMR) Institut Seni Indonesia (ISI) Jogjakarta, kurator dalam pameran yang melibatkan sedikitnya 53 seniman itu memberi acungan jempol kerja bareng para seniman Mojokerto hingga terwujud pameran yang mengambil tema besar ‘Spirit of Mojopahit’ itu.

“Saya mengkurator karya yang dipamerkan harus mengakui bahwa karya para pelukis dan pematung Mojokerto ini luar biasa,” kata Alexandri Luthfi saat menyampaikan sekapur sirih dalam pembukaan pameran, Kamis (14/11/2019).

Ia pun mengajak pegiat seni untuk terus membangun Mojokerto lewat kesenian. Apalagi, tidak sedikit maestro seni yang lahir dari bumi Majapahit.

“Mojokerto merupakan kawah cadradimuka. Tempat seniman potensial menempah dan menghasilkan karya seninya. Gen yang dimiliki para seniman Mojokerto yakni ‘Spirit of Mojopahit’ menjadi modal besar berkesenian sekaligus untuk membuktikan bahwa Mojokerto adalah miniatur Majapahit yang akan menghidupkan Jawa Timur dan Indonesia,” cetus Alexandri Luthfi.

Diujung penyampaiannya, ia berharap agar pemerintah daerah setempat bisa memfasilitasi berdirinya galery seni sebagai ruang ekspesi seniman, pajang karya, ruang ekonomi sekaligus ruang edukasi.

“Galeri seni sangat penting kehadirannya dalam medan sosial seni di Mojokerto,” tutup pria berkacamata itu. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional