Ning Ita : Gus dan Yus Kota Mojokerto Majukan Pariwisata Bumi Majapahit - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Ning Ita : Gus dan Yus Kota Mojokerto Majukan Pariwisata Bumi Majapahit

Ning Ita : Gus dan Yus Kota Mojokerto Majukan Pariwisata Bumi Majapahit

Mojokerto-(satujurnal.com)
Rizal Triwibowo dan Chyntia Syaharani Pambudi memenangi final Pemilihan Gus dan Yuk Kota Mojokerto 2019 setelah melewati kompetisi ketat, adu talenta, adu smart dengan finalis lainnya yang berlangsung sejak Oktober berakhir tadi Rabu (20/11/2019) malam. 

Kedua peserta, terpilih setelah berhasil menjawab berbagai pertanyaan yang dilontarkan oleh Walikota Mojokerto dan jajaran Forkopimda. Serta, menjawab pertanyaan dari para juri yang terdiri dari pakar komunikasi Universitas Airlangga yang juga anggota Dewan Riset Daerah kota Mojokerto Suko Widodo,  budayawan Mojokerto, Ayuhanafiq, dan Putri Indonesia Jawa Timur 2019 Bella Sandra. 

Penobatan Gus Rizal dan Yuk Chyntia, langsung disematkan oleh Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari.

Ning Ita, sapaan walikota mengatakan, Gus dan Yuk 2019 yang dinobatkan merupakan salah satu generasi unggul yang lahir dari Kota Mojokerto. Diharapkan, keduanya bisa membawa Kota Mojokerto. Sehingga Kota Mojokerto semakin dikenal di seluruh penjuru Nusantara seperti Kerajaan Majapahit pada abad 13 silam.

Gus dan Yuk 2019 disebutnya modal sumber daya manusia (SDM) dalam mempersiapkan Kota Mojokerto menjadi kota pariwisata yang mendunia. 

"Untuk mendukung itu, kita siapkan SDM-nya sejak saat ini. Karena saya ingin, warga kota tidak hanya sebagai penonton dalam menyambut perubahan ini. Tetapi, juga menjadi pelaku yang turut andil dalam memajukan kota pariwisata ini," jelas Ning Ita disela-sela acara malam Grand Final Pemilihan Gus dan Yuk di Alun-alun Kota Mojokerto.

Dalam malam puncak penobatan ini, selain Gus Rizal dan Yuk Chyntia adapula finalis lainnya yang terpilih pada beberapa kategori. Yakni, Gus Yuk Lalu Lintas dinobatkan kepada Gus Rhama Fauzi Affandi dan Yuk Elizabeth Ruth Valensia. Sedangkan untuk Gus Yuk Ekonomi Kreatif dinobatkan kepada Gus Rio Irfan Arydzaki dan Yuk Aurel Viona Aprilyanti.

Selain itu, ada Gus Yuk Kebudayaan dinobatkan kepada Gus Anas Rizky Firdaus dan Yuk Jasmine Alvia Pratiwi. Dan yang terakhir, Gus Yuk Favorit pilihan pemirsa melalui poling, dinobatkan kepada Gus Irfan Efendi dan Yuk Aurel Viona Aprilyanti.

Pada malam puncak yang dikemas dalam kegiatan Mojospekta 2019 - Sepasar Nyang Kutho Mojokerto ini, turut menghadirkan Wakil Bupati Bangkalan Mohni, Bank Jatim Becky Dandim 0815 Mojokerto Letkol Kav Hermawan Weharima, Kepala BNNK Mojokerto AKBP Suharsi, Kajari Kota Halila Rama Purnama, Waka Polresta, Kasrem, Forkopimda dan OPD di lingkungan Pemerintah Kota Mojokerto.

Perlu diketahui, kesepuluh finalis Gus dan Yuk 2019 merupakan hasil seleksi dari ratusan peserta yang mendaftar. Melalui seleksi ketat, terpilihlah sepuluh pasang finalis yang kemudian menjalani proses karantina. Selama karantina para finalis mendapatkan berbagai materi seperti sejarah Kota Mojokerto, kepariwisataan, public speaking dan masih banyak lainnya. (one/hms)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional