Wawalikota Cak Rizal Sidak Proyek Sentra Kuliner dan Rest Area Bypass - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Wawalikota Cak Rizal Sidak Proyek Sentra Kuliner dan Rest Area Bypass

Wawalikota Cak Rizal Sidak Proyek Sentra Kuliner dan Rest Area Bypass

Mojokerto-(satujurnal.com)
Wakil Walikota Mojokerto Achmad Rizal Zakaria melakukan inspeksi mendadak (sidak) proyek sentra kuliner dan cinderamata di rest area tahap I di jalan raya Bypass, wilayah kelurahan Gunung Gedangan, Kecamatan Magersari, Senin (23/12/2019).

Sidak dilakukan untuk mengetahui progres proyek yang menelan anggaran miliaran rupiah tersebut.

Didampingi Ruby Hartoyo, Kadisperindag setempat, Wawalikota mencermati sudut-sudut bangunan yang disekat menjadi 24 kios tersebut.

"Kita memastikan proyek ini tuntas. Selanjutnya, kita segera menggelar proyek lanjutan. Saya harapkan tahun 2020 mendatang selesai dan bisa ditempati, " kata Wawalikota ditemui disela-sela sidak.

Menurut Cak Rizal, sapaan karib Wawalikota, di sentra kuliner dan rest area yang kali pertama dibangun Pemkot Mojokerto tersebut untuk sentra oleh-oleh dan cinderamata khas karya warga Kota Mojokerto.

Ia berharap melalui pembuatan sentra pamer ini dapat mengangkat potensi daerah berikut kreator seni di daerah ini.

"Rest area ini spesial untuk pusat oleh - oleh dan cinderamata mata. Siapa yang menempati ya warga Kota Mojokerto termasuk dari yang sekitar sini (warga Kelurahan Gunung Gedangan)," imbuhnya.

Proyek sentra oleh-oleh dan rest area tahap I ini menurut Cak Rizal menelan anggaran Rp 1,4 miliar dari dana alokasi khusus (DAK) dan Rp 150 juta dari kantong APBD.

Direncanakan, proyek lanjutan atau tahap II digelar tahun 2020 mendatang dengan pembangunan 28 kios di sisi barat gedung dengan alokasi anggaran sekitar Rp 3,5 miliar.

Usai mendampingi Wawali sidak, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Mojokerto Ruby Hartoyo mengatakan pembangunan rest area ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan warga Mojokerto.
"Sesuai harapan Bu Walikota kami membuka lahan usaha ini dengan harapan tempat peristirahatan di By Pass akan menjadi tempat transit para wisatawan sebelum melanjutkan perjalanannya ke tujuan obyek wisata lain," katanya.

Sentra wisata kuliner diantaranya  akan menjadi pintu keluar wisatawan sebelum menuju ke tujuan obyek wisata di kota Malang atau rest area di Stasiun sebelum mereka melanjutkan wisatanya ke Gunung Bromo.


"Di rest area itu akan dibangun sentra kuliner yang dilengkapi dengan skywalk untuk melayani kebutuhan wisatawan," tukas Ruby. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional