Jurus Walikota Mojokerto Tangkal Virus Corona - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Jurus Walikota Mojokerto Tangkal Virus Corona

Jurus Walikota Mojokerto Tangkal Virus Corona

Mojokerto-(satujurnal.com)
Langkah cepat  pencegahan penyebaran virus Corona, virus yang diduga berasal dari makanan hewan liar yang dikonsumsi oleh Warga China di Kota Wuhan dilakukan Walikota Mojokerto Ika Puspitasari dengan membentuk pusat informasi tentang virus mematikan itu.

Sebagai langkah preventif, Pemerintah Kota Mojokerto melalui Dinas Kesehatan membentuk pusat informasi yang bertugas untuk menginformasikan kepada seluruh masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan, kesiapsiagaan, dan antisipasi penyebaran penyakit pneumonia berat yang belum diketahui etiologinya.

"Dengan memberikan pemahaman sekaligus informasi langsung dari para tenaga medis dan kader kesehatan tentang virus Corona, maka berita - berita hoaks bisa ditangkal. Sehingga kepanikan di masyarakat bisa diredam. Selain itu, kami juga menghimbau kepada masyarakat jika memiliki gejala - gejala yang mirip dengan gejala virus Corona, segera periksa ke rumah sakit atau puskesmas terdekat. Sehingga bisa mendapatkan penanganan sedini mungkin," kata Walikota Ika Puspitasari, Selasa (28/1/2020).

Walikota perempuan yang karib disapa Ning Ita itu menjelaskan, himbauan yang dimaksud dalam mencegah penyebaran virus Corona khususnya di wilayah Kota Mojokerto adalah meminta seluruh rumah sakit dan puskesmas serta mengerahkan semua kader kesehatan untuk mendeteksi dan memperkuat pengawasan secara langsung ke masyarakat. Sekaligus, memberikan edukasi dan pemahaman mengenai virus Corona yang sedang hangat diperbincangkan. Hal ini untuk menghindari kepanikan di masyarakat sehingga tidak termakan berita bohong.

Seperti diketahui, Novel Coronavirus (2019-nCoV) merupakan virus baru penyebab penyakit saluran pernafasan. Virus ini berasal dari China. Dimana, Novel Coronavirus merupakan jenis virus yang masih satu keluarga dengan virus penyebab SARS dan MERS. Adapaun gejala dari virus Corona adalah, demam, batuk pilek, gangguan pernafasan, sakit tenggorokan, letih dan lesu.


Untuk pencegahan terjangkit virus ini, maka cuci tangan dengan sabun secara rutin, gunakan masker saat batuk dan pilek. Selain itu, konsumsi makanan dengan gizi seimbang seperti memperbanyak sayur dan buah. Rajinlah berolaraga, jangan mengonsumsi daging yang belum dimasak, hati - hati saat kontak langsung dengan hewan. Jika mengalami batuk dan sesak nafas, segera pergi ke rumah sakit. "Karena untuk saat ini obat penangkal dari virus Corona berupa vaksin 2019-nCoV masih belum ada, jadi kewaspadaan masyarakat perlu ditingkatkan," tandasnya. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional