Antisipasi Covid-19, Terminal Kertajaya Kota Mojokerto Disemprot Desinfektan - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Antisipasi Covid-19, Terminal Kertajaya Kota Mojokerto Disemprot Desinfektan

Mojokerto-(satujurnal.com)
Pemerintah Kota Mojokerto melakukan penyemprotan cairan desinfektan di terminal bus Kertajaya sebagai langkah mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19, Rabu (18/3/2020).  

Selain penyemprotan desinfektan di seluruh sarana dan fasilitas yang digunakan oleh penumpang serta kendaraan angkutan umum, Satgas Penanggulangan dan Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Mojokerto juga mengedukasi pengemudi angkutan umum, penumpang dan pedagang. 

Sekretaris Daerah Kota Mojokerto Harlistyati, selaku Komandan Satgas Penanggulangan dan Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Mojokerto meninjau  langsung penyemprotan disinfektan yang dilakukan petugas Dinas Kesehatan Kota Mojokerto. Dengan didampingi, Koordinator Satgas diantaranya Satgas Perhubungan yang dikoordinatori oleh Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo, diikuti anggota Satgas bidang Perhubungan, diantaranya UP3LLAJ Dishub Provinsi Jatim, Kodim 0815, Polres Mojokerto Kota dan BNN Kota Mojokerto.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo menyampaikan, untuk mencegah penyebaran COVID-19, satgas perhubungan melakukan rencana aksi bidang perhubungan yaitu dengan melakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan pada kendaraan angkutan umum dan juga tempat umum seperti Terminal Kertajaya dan Stasiun Kereta Api Mojokerto.

“Penyemprotan dilakukan dengan titik sasaran seluruh lantai, toilet, kursi ruang tunggu, handle pintu, pegangan tangga, pegangan pintu kendaraan angkutan umum, jok kendaraan, kemudi, bagian-bagian yang rawan menjadi media penyebaran virus, serta lingkungan sekitar terminal dan stasiun kereta api,” papar Gaguk.

Selain penyemprotan, sambung Gaguk, Satgas di Bidang Perhubungan, juga telah menyediakan fasilitas cuci tangan pakai sabun di terminal, dan menyediakan thermal gun untuk memeriksa suhu tubuh.

Usai meninjau kegiatan di terminal, dilanjutkan sosialisasi  covid-19 kepada para pengemudi angkutan umum, penumpang, dan para pedagang yang bertempat di Aula Terminal Kertajaya,  dengan narasumber  dr. Farida dari Dinas Kesehatan Kota Mojokerto.

Dalam kesempatan ini, Sekdakot Harlistyati menghimbau agar warga kota jangan sampai terlalu panik menghadapi pandemic corona ini, sebab rasa panik juga bisa menyebabkan daya tahan tubuh menurun sehingga menyebabkan sakit.

“Sebaiknya senantiasa berperilaku hidup bersih  dan sehat, sesering mungkin cuci tangan pakai sabun, jaga kesehatan (imun tubuh) agar  kebal terhadap virus,” jelas Harlis.

Sebagai bentuk pencegahan, lanjut Harlis, untuk sementara kita lakukan Sosial distancing yaitu menjauhi  kerumunan, diupayakan jarak ada jarak minimal 1 meter dari tempat kerumunan, dan gunakan masker kalau sakit. 

Sebagai upaya pemantapan tugas Satgas Penanggulangan dan Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Mojokerto, Sekdakot melanjutkan dengan menggelar rapat terbatas sekaligus evaluasi bersama para Koordinator Satgas Percepatan Penanganan Covid-19, di Ruang Nusantara. (one/hms)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional