Lawan Virus Corona, Satgas Covid-19 Bagi-bagi Masker dan Sarung Tangan ke Pedagang Pasar - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Lawan Virus Corona, Satgas Covid-19 Bagi-bagi Masker dan Sarung Tangan ke Pedagang Pasar

 Mojokerto-(satujurnal.com)
Satgas penanggulangan covid-19 Kota Mojokerto turun ke Pasar Tanjung Anyar membagikan ratusan masker dan sarung tangan kepada pedagang, Sabtu (28/3/2020).

Di pasar tradisional terbesar di Kota Mojokerto ini, para koordinator dan anggota satgas covid-19 yang dibagi menjadi tiga tim menyebar di lima titik lokasi membagikan sarung tangan dan masker sebagai tindak pencegahan terhadap virus corona penyebab covid-19.

"Tim kami bagi menjadi tiga, agar bisa merata dalam memberikan masker dan sarung tangan kepada pedagang. Sehingga tepat sasaran. Lima titik lokasi yang kami datangi masih di lingkungan Pasar Tanjung Anyar. Karena pasar ini terbesar di Kota, maka kami dahulukan pemberian maskernya," kata Kepala Dinas Kesehatan Christiana Indah Wahyu.

Menurut Indah, tidak kurang dari 500 pasang masker dan sarung tangan yang dibagi-bagikan ke pedagang.

Selain pemberian masker dan sarung tangan, satuan gugus tugas ini juga memberikan sosialisasi sekaligus edukasi kepada para pedagang, agar tetap menjaga kebersihan. Salah satunya dengan mencuci tangan sesering mungkin agar terhindari dari berbagai macam penyakit. Dan menerapkan standar operasional prosedur (SOP) kesehatan dimanapun.

Satgas covid-19 Kota Mojokerto juga melakukan penyemprotan disinfektan berkala di Pasar Tanjung Anyar serta pasar tradisional lainnya.

"Sampai rumah, langsung mandi dan keramas. Baju dimasukkan dalam bak kasih air sabun, jangan digantung, ini harus dilakukan setiap hari. Karena kita tidak tahu apa yang terjadi saat berada di luar. Untuk itu, mari bersama - sama menjaga kebersihan diri sendiri terlebih dahulu sesuai dengan protokol kesehatan," tegasnya.

Terpisah, Walikota Mojokerto Ika Puspitasari menambahkan, berbagai ikhtiar dalam mencegah penyebaran Covid-19 di Kota Mojokerto telah dilakukan sejak lama. Mulai dari penyemprotan disinfektan di berbagai area publik hingga jalan protokol, penerapan physical distancing, menghentikan untuk sementara waktu kegiatan belajar mengajar di sekolah, menutup tempat hiburan/kafe dan penerapan protokol kesehatan di berbagai area publik.


"Kita tahu, saat ini Covid-19 telah menjadi pandemik di seluruh negara, tak terkecuali Indonesia. Untuk itu, saya mohon kepada masyarakat khususnya Kota Mojokerto untuk sama - sama bekerjasama dengan pemerintah daerah, dalam mencegah penyebaran Covid-19. Dengan disinfektan secara mandiri, tidak membeli bahan makanan pokok dengan berlebihan, tetap waspada dan jangan panik," tegasnya. (one/hms).

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional