Tinjau RSU Dr Wahidin Sudiro Husodo, Komisi III Pastikan Kesiapan Penanganan Pasien Covid-19 - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Tinjau RSU Dr Wahidin Sudiro Husodo, Komisi III Pastikan Kesiapan Penanganan Pasien Covid-19

Tinjau RSU Dr Wahidin Sudiro Husodo, Komisi III Pastikan Kesiapan Penanganan Pasien Covid-19


Mojokerto-(satujurnal.com)
Komisi III DPRD Kota Mojokerto mengunjungi RSU Dr Wahidin Sudiro Husodo, memastikan ketersediaan dan kesiapan rumah sakit serta tenaga medis dalam menangani pasien covid-19 yang disebabkan virus corona, Jum’at (20/3/2020).

“Kami memastikan kesiapan rumah sakit, baik dari sisi fasilititas layanan kesehatan maupun  tenaga medis dan standar alat pelindung diri (APD) dalam menangani pasien covid-19,” kata koordinator Komisi III sekaligus Ketua DPRD Kota Mojokerto Sunarto, disela-sela kunjungan.

Dalam kunjungan tersebut, Komisi III melihat dan cek langsung kondisi ruangan isolasi, kelayakan ventilasi udara dan alat pendukung lainnya. Sehingga jika sewaktu-waktu didapati adanya terduga yang mengidap gejala-gejala dari virus corona, ruangan isolasi itu sudah dapat dipergunakan.

Selain itu, Komisi yang membidangi pendidikan dan kesra tersebut juga untuk memastikan kabar dirawatnya satu pasien balita berumur 3,5 tahun yang masuk kategori PDP (pasien dalam pengawasan) corona. Riwayat pasien menyebutkan, sebelumnya telah mengunjungi beberapa zona bahaya covid-19. “Pasien balita habis dari Bali dan Solo, riwayatnya seperti itu”, ujar Sunarto.


Sunarto menyatakan, sejauh pengamatannya,  fasilitas kesehatan RSU Dr Wahidin Sudiro Husodo itu cukup memadai. Ia juga menilai secara prosedur dan protokol sudah dilakukan dengan baik oleh rumah sakit tipe B tersebut. SDM dari aspek medis hingga laboratorium dan kesiapan tempat dinilainya sudah memadai.

"Paling tidak ini sudah memberikan rasa aman, tenang, dan nyaman. Secara penanganan medis mulai UGD hingga laboratorium serta infrastruktur dan kesiapan tempat sudah bagus", tukasnya.

Ia juga menghimbau masyarakat agar tidak panik, dan meminta kepada Dinas Kesehatan untuk inten melakukan sosialisasi mengenai virus corona tersebut.

“Kita imbau Dinkes agar proaktif melakukan sosialisasi mengenai virus corona, agar tidak terjadi berita hoaks atau keresahan di masyarakat,” harap politisi PDI Perjuangan tersebut.

Sementara itu Direktur RSU Dr Wahidin Sudiro Husodo, dr Sugeng Moeljadi mengatakan rumah sakit plat merah milik Pemkot Mojokerto itu bukan rumah sakit rujukan yang ditunjuk pemerintah pusat untuk menangani pasien virus corona.

"Perlu digaris bawahi bahwa RSUD dr Wahidin Sudiro Husodo bukan RS rujukan covid-19. Namun RS ini mempunyai ruang isolasi sehingga memungkinkan untuk menangani pasien Covid - 19,"  paparnya.

Kendati demikian, pihaknya jauh hari sudah menyediakan 4 ruang isolasi bagi masyarakat yang diduga terindikasi terkena virus corona. Ditunjang dengan alat kelengkapan medis yang memadai.

“Dari semua prosedur sudah kita lakukan, dan sudah memenuhi standar, dan ruangan kita sudah siap digunakan jika sewaktu-waktu ada masyarakat yang terindikasi dugaan virus corona tersebut,” jelasnya.

Soal adanya PDP, dr Sugeng membenarkan informasi tersebut. "Kalau yang ditempat kita itu 2 yang PDP, namun seorang  kita rujuk ke rumah sakit Sidoarjo," katanya. (one/adv)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional