Ingin Tahu Status Covid-19 Setiap Kelurahan di Kota Mojokerto dari WA? Akses Layanan Ini - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Ingin Tahu Status Covid-19 Setiap Kelurahan di Kota Mojokerto dari WA? Akses Layanan Ini

foto ilustrasi (doc)
Mojokerto-(satujurnal.com)
Pemerintah Kota Mojokerto telah mengambil sejumlah langkah antisipatif dan mengeluarkan sejumlah kebijakan sebagai respons terhadap merebaknya Novel Coronavirus (COVID-19) untuk menjaga lingkungan yang aman dan nyaman. 

Yang paling akhir, Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota  Mojokerto merilis pembaruan substansial untuk informasi covid-19 berjudul WhatsApp auto notif status covid-19 Kota Mojokerto. 

Layanan terbaru ini memungkinkan para penggunanya untuk memantau informasi status covid-19 terakurat dan terkini di 18 wilayah kelurahan dari tiga kecamatan di Kota Mojokerto yang dilaporkan Dinas Kesehatan setempat.

Untuk dapat mengakses layanan ini pengguna terlebih dahulu harus mendaftar agar memperoleh informasi berlangganan secara gratis dengan memasukkan nomor handphone yang terkoneksi dengan WhatsApp. 

Pertama, buka laman http://covid19.mojokertokota.go.id/subscribe dari piranti telepon seluler atau HP yang menggunakan layanan whatsapp. Selanjutnya pengguna diminta mengisi nomor HP. Setelah itu akan muncul notifikasi dari layanan auto notif status covid-19 Kota Mojokerto. 

Pengguna tinggal menunggu notitikasi. Setelah terdaftar sebagai pelanggan, maka apabila ada perkembangan dan data baru tentang covid-19, info virtual yang dikembangkan Diskominfo Kota Mojokerto ini otomatis memberitahukan kepada pelanggan. 

Pesan yang diterima pengguna status covid-19 dari tiga kecamatan. Disajikan, data status covid-19 di setiap kelurahan dalam satu wilayah kecamatan. Antara lain status ODP (orang dalam pemantauan, OTG (orang tanpa gejala), PDP (pasien dalam pengawasan) maupun yang terkonfirmasi positif covid-19. Setiap status juga dirinci, jumlah dan prosentasenya. Untuk kasus ODP akan muncul jumlah dan prosentasenya terkait ODP yang masih dalam pemantauan dan ODP selesai pemantauan, serta jumlah ODP meninggal dunia. Demikian juga dengan PDP, akan diinformasikan juga berapa jumlah PDP yang masih dalam pengawasan, PDP selesai pengawasan. Pun untuk kasus positif covid-19. Akan muncul angka kasus positif, berapa yang meninggal dan berapa yang dirawat atau berapa yang menjalani isolasi mandiri. 

Juru bicara Satgas Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo mengatakan, layanan informasi berlangganan gratis melalui perpesanan WhatsApp dirancang untuk lebih mempercepat arus informasi kepada masyarakat. 

“Dengan memanfaatkan layanan informasi status covid-19 daring (online) melalui situs resmi covid-19 Kota Mojokerto yang terkoneksi secara online dengan WhatsApp, maka jangkauannya bisa lebih maksimal. Karena saat ini banyak masyarakat yang memanfaatkan telepon seluler untuk sarana komunikasi,” kata Gaguk, Kamis (16/4/2020).

Sebelumnya, Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Mojokerto meluncurkan layanan informasi covid-19 melalui aplikasi perpesanan instan WhatsApp (WA) dengan mengunjungi kontak +62 813 3451 0292.

WhatsApp chat Covid-19 Kota Mojokerto ini menawarkan beragam informasi terkait covid-19. Ada 5 pilihan informasi yang disediakan. Di setiap menu yang sudah dipilih, pengguna diarahkan ke satu link yang merujuk pada laman http://covid19.mojokertokota.go.id. (one) 

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional