PPDB 2020, Kota Mojokerto Siapkan Skema New Normal - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

PPDB 2020, Kota Mojokerto Siapkan Skema New Normal

Mojokerto-(satujurnal.com)
Kota Mojokerto menyiapkan skema ‘new normal’ di bidang pendidikan, kendati hingga saat ini belum ada sinyal hijau dari pemerintah pusat soal  implementasi berpadanankata ‘kenormalan baru’ itu.

"Untuk skema new normal dalam dunia pendidikan, sebenarnya masih belum ada petunjuk pastinya. Namun, kami mulai menyiapkan jika nantinya skema tersebut akan diterapkan. Salah satunya, mentaati protokoler kesehatan, pengecekan suhu tubuh, bilik disinfektan dan jarak tempat duduk. Seperti yang dijelaskan oleh Menteri Pendidikan, anak-anak belum bisa dipastikan kembali klasikal seperti dulu, dan untuk saat ini pembelajaran masih diterapkan melalui daring atau online," jelas Walikota Mojokerto, Ika Puspitasari dalam konferensi pers di Rumah Rakyat Hayam Wuruk 50, Magersari, Rabu (27/5/2010).

Dengan menggunakan sistem online seperti tahun sebelumnya, pendaftaran peserta didik baru pada jenjang TK, SD dan SMP lebih dimudahkan, akuntabel dan transparan. Hal ini, dilakukan dalam menyiapkan skema new normal dalam dunia pendidikan.

Jika ditahun-tahun sebelumnya PPDB online di Kota Mojokerto baru diberlakukan di level SMP, di masa pandemi corona saat ini, PPDB online diberlakukan semua jenjang, dari TK, SD hingga SMP dengan sistem zonasi. Dimana, sedikitnya 50 persen peserta didik merupakan warga beridentitas kota.

"Kami memprioritaskan warga Kota Mojokerto lebih dulu, jangan sampai mereka yang rumahnya dekat dengan sekolah, justru belum mendapatkan kuota. Sedangkan kuota bagi warga di luar Kota Mojokerto atau wilayah perbatasan, kami memberikan maksimal 15 persen. Para orang tua, bisa memanfaatkan kuota ini jika ingin putra - putrinya menempuh pendidikan di wilayah Kota Mojokerto," jelas Ning Ita, sapaan akrab wali kota.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan, Amin Wachid menambahkan, dalam pendaftaran PPDB online ini, pihaknya telah membuka lima jalur pada jenjang SMP Negeri. Yang pertama adalah jalur zonasi, jalur prestasi dengan kuota 15 persen, jalur afirmasi dengan kuota 15 persen, jalur perpindahan tugas orang tua dengan kuota 5 persen dan jalur kelas olahraga dengan kuota satu rombongan belajar (rombel) perkelas.

Untuk pendaftaran pada jenjang SMPN melalui jalur prestasi, jalur afirmasi, jalur perpindahan orang tua dan jalur olahraga, akan dimulai pada tanggal 18 - 20 Juni.

Sedangkan untuk jalur zonasi, pada jenjang TK, SD dan SMP akan dibuka pada 29 Juni hingga 2 Juli. Pendaftaran PPDB secara online ini, bisa mengakses melalui website mojokertokota.siap-ppdb.com.

Pada tampilan laman website, orang tua tidak perlu kebingungan. Karena akan diarahkan langsung sesuai dengan kategori jenjang yang dipilih. Baik TK, SD maupun SMP.

"Sesuai arahan ibu walikota, jika orang tua mengalami kesulitan dalam pendaftaran, Dinas Pendidikan telah menyiapkan pendampingan. Dan sebelum mendaftarkan putra-putrinya, kami telah melakukan sosialisasi terlebih dahulu pada 5 - 8 Mei. Sedangkan untuk simulasinya akan kami selenggarakan pada tanggal 3 Juni pada jenjang TK dan SD, serta tanggal 4 Juni pada jenjang SMP, " tandasnya. (one/hms)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional