Tiga Paslon Daftar Pilbup Mojokerto 2020 - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Tiga Paslon Daftar Pilbup Mojokerto 2020

Tiga Paslon Daftar Pilbup Mojokerto 2020


Mojokerto-(satujurnal.com)

Tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati bakal bertarung dalam kontestasi Pilkada Kabupaten Mojokerto 2020. 

Ketiganya, pasangan Ipung Kasiadi – Titik Masudah (Puti), Yoko Priyono – Choirunnisa (Yoni) dan Ikfina Fahmawati-Muhammad Al Barra (Ikbar).

Di ranah administrasi, mereka telah mendaftar ke KPU setempat sebagai calon yang akan terlibat dalam kontestasi Pilbup untuk mendapatkan dukungan terbanyak rakyat pemilih.

Kondisi pandemi Covid-19 menyebabkan munculnya pembatasan ketat jumlah pendukung calon yang boleh memasuki ruang pendaftaran. Namun tidak mengurangi syahwat para calon yang akan bersaing untuk meraih kekuasaan untuk mulai melesatkan perang wacana dan politik pencitraan. Ini terjadi begitu sesi konferensi pers dilakukan masing-masing pasangan calon selepas menyerahkan berkas-berkas pendaftaran.

Pasangan Yoko Priyono – Choirunnisa menjadi pendaftar pertama di hari pertama dibukanya pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Mojokerto 2020 – 2025, Jumat (4/9/2020). Pasangan yang diusung Partai Golkar dan PPP ini mendaftarkan diiringi paralayang yang membawa spanduk bertuliskan ‘Yoko – Nisa’ terbang di langit sekitar gedung KPU jalan R.A.A.K. Adinegoro, Sooko, Kabupaten Mojokerto tersebut. 

“Alhamdulilah kita yang pertama, di KPU. Dalam arti, yang pertama berkasnya lengkap, kemudian apapun nanti harus jadi nomor satu di Mojokerto,” kata Yoko Priyono, diplomatis. 

Yoko Priyono berlatarbelakang PNS dengan jabatan terakhir Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Mojokerto. Ia memilih mengundurkan diri sebagai PNS per 1 September 2020 untuk memenangi pesta demokrasi di tingkat lokal tesebut. 

“Saya sebelum mengajukan pendaftaran sebagai bakal Bupati Mojokerto, sebenarnya, saya pada saat mendaftarkan saya sudah mengundurkan diri dan saya konsisten, sudah pensiun per 1 September dan pada hari ini  jadi saya bukan pegawai negeri dan bebas”, ungkapnya.

Sedangkan Choirunnisa merupakan mantan Wakil Bupati Mojokerto 2009 – 2014 yang kembali turun ke gelanggang Pilkada dengan mengambil posisi yang sama. 

Pasangan Ikfina Fahmawati - Muhammad Al Barra (Ikbar) yang didukung enam parpol yakni NasDem, Partai Hanura, PAN, PKS, Partai Gerindra serta Partai Demokrat menjadi pendaftar kedua, juga dihari yang sama dengan pendaftaran yang dilakukan pasangan Yoni. 

Ikfina Fahmawati yang merupakan istri mantan Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa, sedangkan Muhammad Al Barra adalah putra KH Asep Saifuddin,pengasuh Ponpes Amanatul Ummah, Kembang Belor, Pacet, Kabupaten Mojokerto. 

Sementara pasangan calon Pungkasiadi - Titik Masudah (Puti) mendaftar di hari terakhir masa pendaftaran bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Mojokerto, Minggu (6/9/2020).

Calon ini datang di kantor KPU didampingi fungsionaris partai pengusung dan pendukung serta simpatisan bersepeda dikawal komunitas mobil Willys, mobil branding dan sepeda kuno

Pungkasiadi merupakan petahana yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Mojokerto. Sedangkan Titik Masudah berlatarbelakang kader PKB, bendahara Fatayat NU Pusat sekaligus adik dari Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Ida Fauziah.

Calon ini diusung tiga parpol, PDI Perjuangan, PKB dan PBB dan didukung empat partai non parlemen, Perindo, PSI, Berkarya dan PKPI.

"Kami Nasional dan Religius meminta doa dari para kiai, juga melakukan gowes yang paling tidak kita edukasi masyarakat karena untuk kesehatan apalagi masih masa Pandemi Covid-19," pungkasnya.(one)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional