Pemkot Mojokerto Terima Bantuan Minibus Dari Kemenhub - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Pemkot Mojokerto Terima Bantuan Minibus Dari Kemenhub

Pemkot Mojokerto Terima Bantuan Minibus Dari Kemenhub

Mojokerto-(satujurnal.com) 

Pemkot Mojokerto mendapat hadiah satu unit minibus dari Kementerian Perhubungan RI. Moda transportasi darat itu diserahkan usai Pemkot Mojokerto meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) dari Kementerian Perhubungan pada September 2019, atas inovasi dan program di bidang transportasi.

"Bantuan bis kecil ini nanti kita gunakan sebagai pendukung sarana prasana untuk pelayanan kepada masyarakat Kota Mojokerto," kata Walikota Mojokerto Ika Puspitasari saat menerima bantuan minibus dari Kementrian Perhubungan, di Rumah Rakyat, Jalan Hayam Wuruk ,Selasa, (8/12/2020).

Sedangkan terkait penghargaan WTN, Ning Ita, sapaan Walikota Ika Puspitasari mengatakan, penghargaan prestisius itu diperoleh Pemkot Mojokerto merupakan hasil penilaian terhadap kinerja penyelenggaraan dan kinerja operasional sistem transportasi perkotaan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan pada tahun 2019.

“Penganugerahan WTN ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat atas komitmen Pemkot Mojokerto terhadap pembangunan dan peningkatan kinerja lalu lintas dan angkutan jalan,” ujar Ning Ita.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo menuturkan bahwa Pemkot Mojokerto sudah 14 kali mengikuti penilaian WTN mulai tahun 2004 sampai dengan tahun 2019. Sedangkan penghargaan WTN yang diraih, 1 kali penghargaan berupa plakat WTN, 2 kali kategori lalu lintas, dan piala WTN sebanyak 11 kali.

’’WTN merupakan penghargaan pemerintah pusat atas kemampuan daerah dan peran serta masyarakatnya dalam meningkatkan kinerja penyelenggaraan dan kinerja operasional sistem transportasi perkotaan yang diikuti oleh seluruh Kota/Kabupaten di Indonesia,’’ papar Gaguk.

Penilaian utamanya yakni penyelenggaraan kinerja sistem transportasi perkotaan sehingga tercipta sistem lalu lintas dan angkutan kota yang tertib, lancar, selamat, aman, efisien, berkelanjutan dan menjamin ekuitas hak pengguna jalan.

Sementara untuk menciptakan Kota Mojokerto tertib berlalu lintas, Gaguk menyatakan telah melakukan berbagai pembenahan dan pembinaan, seperti sosialisasi peraturan lalu lintas kepada masyarakat dan pengemudi angkutan, penertiban pelanggaran lalu lintas secara terpadu bekerja sama dengan Polres Mojokerto Kota, serta dialog interaktif bersama masyarakat dan pembinaan para jukir Kota Mojokerto. (jd)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional