DLH Kerja Ekstra Bersihkan Sampah Air Mancur Alun-alun - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional -->

DLH Kerja Ekstra Bersihkan Sampah Air Mancur Alun-alun

Mojokerto-(satujurnal.com)

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mojokerto harus kerja ekstra membersihkan tumpukan sampah di kolam air mancur tugu Alun-alun Kota Mojokerto.

Kolam tugu, salah satu elemen alun-alun bernuasa Mojopahit  yang tepat berada di tengah area yang difungsikan sebagai ruang interaksi sosial dan ruang terbuka hijau itu memang sempat tampak keruh dipenuhi sampah organik dan anorganik yang sengaja dibuang pengunjung. Petugas DLH menemukan berbagai plastik bekas bungkus makanan atau botol minuman yang mengambang atau tenggelam di dasar kolam.

 Tak ayal, kondisi itu membuat Plt Kepala DLH Kota Mojokerto Amin Wachid gerah. 

“Kita langsung bersihkan kolam yang penuh dengan tumpukan sampah, saya minta maaf atas ketidak nyamanannya ini akan menjadi evaluasi kita,” kata Amin Wachid, Rabu (17/2/2021).

Ia berharap, masyarakat ikut menjaga dan berperan aktif dalam menjaga kebersihan, terlebih di area ruang terbuka hijau dengan membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan. 

“Kita sudah mensiagakan petugas kebersihan, tetapi bukan berarti tempat ini bersih terus karena tempat ini merupakan tempat rekreasi bagi masyarakat. Jadi mari kita jaga bersama kebersihannya,” ajak ia.

Tidak hanya itu pihaknya berharap muncul kesadaran dari masyarakat dan pedagang di lingkungan alun-alun dalam  dengan turut menjaga kebersihan baik di lingkungan ataupun di tempat umum seperti taman.

"Untuk air mancur itu kami harap masyarakat juga menjaga kebersihannya, karena pada saat pengurasan pasti kelihatannya ada botol minuman, ada koin, ada plastik bungkus makanan ringan dan sebagainya. Nah, khawatirnya sampai itu menggangu jaringan yang ada di air mancur itu," tukasnya. (ank)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional