Pandemi Covid-19 Tak Surutkan Animo Pendonor Darah - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional -->

Pandemi Covid-19 Tak Surutkan Animo Pendonor Darah


Mojokerto-(satujurnal.com)

Masa pandemic Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini tidak menyurutkan semangat warga Kota Mojokerto untuk membantu sesama, salah satunya secara sukarela mendonorkan darahnya. 

"Tercatat jumlah pendonor yang aktif melakukan donor darah di Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia  (PMI) Kota Mojokerto hingga saat ini masih stabil dan bahkan bertambah dengan banyaknya pendonor baru," kata Kepala UDD PMI Kota Mojokerto dr. Sulaiman Rosyid M.M.Kes, Jumat (19/2/2021).

Hal tersebut, katanya lebih lanjut, tidak lepas dari gencarnya sosialisasi yang kami lakukan dengan berbagai pola, mulai dari jemput bola dengan mobil unit, kemudian pola pasif dengan menerima pendonor datang ke kantor, maupun dengan pola aktif berbasis pasif dengan mempublish melalui media untuk mengajak masyarakat untuk donor darah di PMI. 

"Salah satu bentuk pola aktif dengan pemberian reward serta bantuan paket sembako bagi para pendonor yang datang ke UDD PMI Kota Mojokerto," terangnya.

“Kalau biasanya mereka (pendonor) hanya mendapatkan goodybag, tapi kali ini karena ini kita punya sembako, jadi kita berikan paket sembako untuk para pendonor," ujar dr. Sulaiman Rosyid.

Ia memastikan donor darah dimasa pandemic covid -19 tetap aman. Karena dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, serta adanya skrining tambahan berupa Rapid test covid – 19 bagi beberapa pendonor  guna memastikan para pendonor serta darah yang dinonorkan dalam keadaan sehat.

"Semoga semangat membantu sesama yang lakukan oleh para pendonor darah saat ini, bisa ditularkan kepada warga lainnya agar semakin banyak pasien yang terbantu," harapnya. (ank)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional