Peduli Covid-19, Pemuda Pancasila Kota Mojokerto Bagikan Ribuan Nasi Kotak dan Masker - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional -->

Peduli Covid-19, Pemuda Pancasila Kota Mojokerto Bagikan Ribuan Nasi Kotak dan Masker

Mojokerto-(satujurnal.com)

Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) Kota Mojokerto menggelar aksi sosial dengan membagikan 1000 nasi kotak dan 1000 masker di sejumlah titik, Jum’at (26/2/2021).

Aksi sosial ormas yang bermarkas di jalan Empunala Kota Mojokerto tersebut berkolaborasi dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) setempat.


“Aksi sosial dengan tema ‘Berbagi untuk Kebaikan’ ini sebagai wujud syukur dan berbagi di tengah Pandemi Covid-19,” terang Sekretaris MPC PP Kota Mojokerto, Rudi Handoko.

Menurut Rudi, pengurus dan anggota PP, Srikandi PP dan Satma (Satuan Pelajar dan Mahasiswa) PP diturunkan bersama untuk membagikan nasi kotak dan masker seusai salat jum’at. Meski turun bersama-sama, mereka diharuskan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Ribuan nasi kotak dan masker itu, ujar Rudi, dibagikan di tiga titik sasaran di tiga wilayah kecamatan yang ada di Kota Mojokerto.

“Titik pembagiannya di di depan Masjid Agung Al Fatah barat Alun-alun Kota, depan kantor Kecamatan Prajurit Kulon, depan kantor Kecamatan Kranggan dan depan base camp PP (Kota Mojokerto), jalan Empunala, Kecamatan Magersari,” terangnya.

“Dengan tema ‘Berbagi untuk Kebaikan’, kami harap dapat sedikit meringankan beban warga. Dan semoga bagi-bagi sedikit rezeki di hari Jum’at ini akan membawa berkah bagi mereka yang membutuhkan," ujar Sinyo, sapaan karib Rudi Handoko.

Ketua MPC PP Kota Mojokerto Didik Hardi Santoso mengatakan, kegiatan PP Kota Mojokerto ini bisa merupakan kegiatan sosial pertama tahun ini. Sedangkan bagi-bagi masker disebutnya sebagai upaya preventif mencegah penyebaran Covid-19 sekaligus mensosialisasikan pentingnya memakai masker pada masyarakat.

"Semangat gotong royong adalah spirit yang lahir dari jiwa Pancasila yang harus kita bumikan, salah satunya melalui berbagi sebagai sesama anak bangsa," urai Didik.

Agenda berikutnya, sambung Didik, masih dengan tema yang sama ‘Berbagi untuk Kebaikan’, yakni penyemprotan disinfektan di tiga wilayah kecamatan. “Insya Allah penyemprotan disinfektan kami lakukan bulan Maret mendatang,” ujarnya.

Selain aksi sosial di tengah pandemi Covid-19, PP Kota Mojokerto akan menggelar pemilihan ‘Duta Pancasila’ di bulan Oktober mendatang, bertepatan dengan hari jadi PP yang ke-62.

Menurut Didik, pihaknya menginisiasi pemilihan Duta Pancasila dengan peserta siswa dan mahasiswa agar generasi milenial ini lebih memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

“Generasi millenial harus didorong berperan aktif merawat dan meruwat Pancasila melalui penghayatan nilai-nilai luhur Pancasila dalam realitas kehidupan bermasyarakat di era globalisasi. Pelajar dan mahasiswa yang terpilih sebagai Duta Pancasila kita harapkan mampu melakukan berbagai tindakan yang mencerminkan nilai dari masing masing sila dari Pancasila,” cetusnya.

Melalui pemilihan Duta Pancasila, kata Didik lebih lanjut, diharapkan nilai-nilai Pancasila yang tertanam di bumi Mojopahit bisa diaktualisasikan kalangan pelajar dan mahasiswa. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional