Tingkatkan Layanan Antaran Darah, PMI Kota Mojokerto Bakal Tambah Armada Blood Jek - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional -->

Tingkatkan Layanan Antaran Darah, PMI Kota Mojokerto Bakal Tambah Armada Blood Jek


Mojokerto-satujurnal.com)

Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Mojokerto akan menambah armada untuk layanan antaran darah bertajuk ‘Blood Jek’. 

Penambahan armada ini tak lepas dari kian tingginya permintaan darah dari rumah sakit mitra serta untuk meningkatkan kualitas layanan program blood jek.

“Akan ada penambahan armada Blood Jek, merespon semakin banyaknya permintaan (darah) dari rumah sakit,” kata Kepala UDD PMI Kota Mojokerto dr Sulaiman Rosyid M.M.Kes, Rabu (16/2/2021).

Dengan penambahan armada blood jek, ujar dr Sulaiman, transportasi dari PMI ke rumah sakit akan lebih cepat. 

Menurutnya, blood jek sudah bergulir sejak tahun 2018 silam memiliki sejumlah keunggulan dibanding model konvensional untuk pemenuhan darah dari PMI ke pasien. 

“Untuk prosedur pengambilan darah, sebelumnya mengandalkan keluarga pasien yang datang secara langsung ke UDD PMI Mojokerto. Saat kantong darah sampai di rumah sakit, kualitas darah rawan mengalami penurunan, baik karena perlakuan produk darah maupun karena keluarga pasien tidak paham akan ketepatan waktu dalam menyampaikan produk darah yang diambil kepada petugas rumah sakit. Dengan blood jek terjamin kecepatan pemenuhan kebutuhan darah dan juga terjamin kualitas darahnya, karena tidak rusak selama perjalanan. Selain itu, masyarakat juga bisa dengan mudah mendapatkan darah,” ulasnya. 

“Tidak hanya itu, mengingat kebutuhan darah ini sangat mendesak, apabila seseorang sangat membutuhkan transfusi darah, maka layanan ini sangatlah berarti bagi pasien yang membutuhkan,” cetusnya. 

Yang pasti, kata dr Sulaiman lebih lanjut, layanan blood jek di PMI Kota Mojokerto bekerja selama 24 jam penuh.

“Masyarakat tidak perlu khawatir terjadi keterlambatan perolehan darah. Karena blood jek bekerja full 24 jam sehari. Tidak dipungut biaya alias gratis untuk mendapatkan layanan blood jek,” tandasnya. 

Blood jek, sambung dr Sulaiman, juga dilengkapi coolpack standar, sehingga produk darah dapat sampai di rumah sakit dengan tepat waktu dan kualitas yang masih tetap terjaga.

Terkait prosedur dan SOP, dr Sulaiman menjelaskan, jika blood jek tidak hanya melayani antar jemput darah dari rumah sakit, tetapi juga melakukan sampling pengambilan darah kepada pasien yang ada di rumah sakit untuk nantinya dilakukan pengecekan di PMI. Selanjutnya PMI memproses pengiriman darah ke pada pasien di rumah sakit.

Pihaknya pun bekerjasama dengan seluruh rumah sakit yang ada di Kota Mojokerto serta satu rumah sakit di luar wilayah Kota Mojokerto untuk pemesanan layanan. Pasien bisa menghubungi call PMI Kota Mojokerto (0321) 322785. (ank)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional