Gantikan Subaidi, Masduki Sabil Pimpin PKB Kota Mojokerto - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional -->

Gantikan Subaidi, Masduki Sabil Pimpin PKB Kota Mojokerto

Mojokerto-(satujurnal.com)

Masduki Sabil terpilih sebagai Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Mojokerto periode 2021-2026 dalam musyawarah cabang (muscab) yang digelar di aula kantor PC NU, jalan Surodinawan, Kota Mojokerto, Minggu (7/3/2021)

Namun, terpilihnya anggota Fraksi PKB DPRD Jawa Timur sebagai nahkoda baru PKB Kota Mojokerto dalam muscab secara daring bersama DPP PKB tersebut sempat diwarnai kericuhan yang dipicu ketidakpuasan beberapa orang kader di tingkat ranting dan elemen Garda Bangsa terhadap nama-nama yang muncul dalam SK kepengurusan DPC PKB Kota Mojokerto. 

Mereka menginginkan suara pengurus ranting diakomodir dalam muscab. Bahkan, secara tandas mereka mengusulkan Junaidi Malik sebagai ketua dewan tanfidz menggantikan M. Subaidi.

Menanggapi usulan tersebut, Kartika Hidayati, pemegang mandat DPP untuk memimpin muscab PKB Kota Mojokerto mengatakan, sesuai keputusan Muktamar V PKB di Bali tahun 2019 silam, muscab dan muswil diberlakukan mandatory. DPP PKB mempunyai kewenangan mutlak untuk memberikan mandat  kepada kader-kader dalam kepengurusan di tingkat wilayah dan daerah.

“Hasil Muktamar Bali, bahwa DPP setelah mengevaluasi, menganalisa banyak hal tentang proses muscab, muswil dan sebagainya, sampai pada akhir di keputusan Muktamar Bali, untuk muswil muscab diberlakukan mandatory.  Sehingga siapa kadernya yang benar-benar bisa untuk membawa dan mengamankan kebijakan partai,” kata Wakil Ketua DPW PKB Jawa Timur tersebut. 

Ia menyebut, usulan ranting yang memasukkan nama Junaidi Malik merupakan dinamika politik. “Dan nama Junaidi sudah diakomodir sebagai sekretaris,” sergahnya.

Junaidi Malik yang saat ini memegang jabatan Wakil Ketua DPRD Kota Mojokerto oleh DPP PKB diberi mandat sebagai sekretaris dewan tanfidz mendampingi Masduki Sabil sebagai ketua dewan tanfidz. Dan posisi bendahara tanfidz dipercayakan kepada Mustofa. Sedangkan untuk posisi ketua dan sekretaris dewan syura, PKB memberi mandat kepada KH Muhamamad Ismail dan KH Asaduddin Mudzakir.

Sutiyanto, Ketua DPAC PKB Kecamatan Magersari mengatakan, sebelum muscab, mengalir aspirasi dari ranting-ranting menyangkut nama-nama kandidat dalam kepengurusan baru. “Aspirasi dari teman-teman tetap kita fasilitasi. Aspirasinya kita sampaikan ke DPP atau DPW secara tertulis,” imbuhnya.

Meski demikian, dalam penilaiannya, kepengurusan DPC PKB Kota Mojokerto kali ini sebagai mandatory dari DPP sudah tepat. Pun yang memegang mandat  punya berpengalaman di organisasi politik dan organisasi lainnnya. “Ini sebenarnya mereka kan hanya geser-geser tempat saja,” katanya.

Sementara itu, ketua dewan tanfidz terpilih, Masduki Sabil mengatakan, tugas berat menghadang pengurus baru. Sebab DPP menjatuhkan target peningkatan perolehan kursi DPRD dalam pileg mendatang, dari empat menjadi enam kursi. “Kita harus kerja keras dan menyiapkan mesin-mesin partai,” katanya.

Sedang dalam helatan Pilwali Mojokerto 2024 mendatang, ia memastikan PKB akan running dengan menyiapkan kader terbaiknya. (ank)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional