Kurang Stok Darah, PMI Kota Mojokerto Lakukan Donor Darah Mobile - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional -->

Kurang Stok Darah, PMI Kota Mojokerto Lakukan Donor Darah Mobile


Mojokerto-(satujurnal.com)

Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Mojokerto melakukan terobosan untuk memenuhi kebutuhan darah dengan meluncurkan program 'donor darah mobile' ' yakni penggalangan kantung darah dari masyarakat melalui cara jemput bola.


"Kegiatan  donor darah mobile ini diharapkan dapat membantu ketersediaan darah di PMI Kota Mojokerto ditengah pandemi Covid-19," kata Dimas Hariadi, Humas PMI Kota Mojokerto disela-sela kegiatan donor darah massal di kantor PC NU Kota Mojokerto, Kamis, (11/3/2021).

Dari kegiatan donor darah mobile ini, lanjut Dimas, terkumpul 89 pack darah yang nantinya akan diolah oleh PMI sebelum didistribusikan ke pasien.

“Dari  jumlah pendonor darah yang ada, didominasi oleh anggota Banser dan sebagian masyarakat,” imbuhnya.

Cara jemput bola ini, katanya, untuk memudahkan proses donor darah. PMI menyediakan mobil unit transfusi darah yang akan mendatangi donor yang ingin menyumbangkan darahnya.

Dimas memastikan, donor darah mobile tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 secara ketat. sehingga warga yang akan mendonorkan darahnya cukup aman.

Tak hanya menggalang kantong darah, PMI Kota Mojokerto juga memberikan paket sembako gratis kepada setiap pendonor, baik melalui cara mobile atau datang sendiri ke kantor PMI.

“Ini salah satu upaya kita untuk menarik pendonor darah agar  mau mendonorkan darahnya, salah satunya kita memberikan sembako gratis bagi pendonor,” terang Dimas.

Pihaknya juga berharap kepada masyarakat untuk bisa membantu sesama melalui donor darah mengingat ketersediaan darah di PMI sangat terbatas. 

"Stok darah sangat dibutuhkan karena kegiatan transfusi darah di rumah sakit tetap berlangsung," tukasnya. (ank)



Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional