Mojotirto Festival 2021, Ajang Promosi Wisata Bahari - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional -->

Mojotirto Festival 2021, Ajang Promosi Wisata Bahari


Mojokerto-(satujurnal.com)

Event budaya dan pariwisata menyambut Hari Air Dunia bertajuk Mojotirto Festival 2021 digelar Pemkot Mojokerto di bantaran sungai Kotok, dibawah jebatan Rejoto, wilayah Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto, Senin (22/3/2021).


Larung banyu atau menghanyutkan air yang berasal dari sembilan sumber mata air menjadi puncak ritual dalam konsep festival yang memadukan unsur lingkungan, budaya lokal, edukasi, entertain yang diinisiasi Wali Kota Ika Puspitasari dua tahun silam itu. 


Sejumlah prosesi mengiringi larung banyu. Di atas jembatan Rejoto, tampak Prajurit Mojopahit dan Dayang-dayang yang diperankan para kepala organisasi perangkat daerah (OPD), camat dan lurah membawa sembilan cawan berbahan   tanah liat berisi ‘Tirto Suci’, yakni air yang diambil dari sembilan sumber mata air.

Sembilan penari binaan Dewan Kebudayaan Daerah (DKD) Kota Mojokerto yang membawakan ‘Tari Tirto Kusumo’ menyambut Iring-iringan pembawa ‘Tirto Suci’ yang bergerak menuju selatan dermaga sungai Kotok.

Makna simbolik Tari Tirto Kusumo ini muncul melalui tema, gerak dan musik gamelan sebagai perwujudan rasa syukur masyarakat kepada Allah yang telah melimpahkan rahmat-Nya melalui sumber-sumber mata air yang melimpah dan tidak pernah surut. 

Sembilan penari menyerahkan Tirto Suci  kepada unsur Forkompimda dengan prosesi Umbul Dungo Tirto Suci sebelum dilarung.

Umbul Dungo merupakan ritual memanjatkan doa kepada Tuhan agar dibebaskan dari segala bahaya dalam bentuk apapun. Umbul yang artinya menghaturkan atau menaikkan dan Dungo yang berarti do'a dalam bahasa Jawa bertujuan untuk menaikkan do'a-do'a untuk Tuhan YME. 

Pesan dari prosesi ini adalah bagaimana masyarakat mampu melanjutkan tradisi konservasi yang telah terbangun nyata sejak lama.

Selain larung banyu, dalam event ini juga dilakukan tabur benih ikan dan penanaman bibit pohon jeruk.

"Event Mojotirto Festival 2021, merupakan embrio pariwisata bahari dan merupakan agenda besar dari Pemerintah Kota Mojokerto. Acara tahunan ini juga telah masuk dalam Perpres 80, Tahun 2019, tentang percepatan pembangunan ekonomi kawasan Jawa Timur.Khusus untuk kota kita ini, pengembangan pariwisata berbasis seni dan budaya. Tentunya juga melakukan pemanfaatan potensi sumber daya alam (SDA). Di mana yang kita miliki adalah sumber daya air atau sungai yang banyak mengelilingi kota,” kata Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari.

Mojotirto Festival disebutnya sebagai simbol sekaligus  wujud rasa syukur  bahwa aliran sungai di seluruh wilayah Kota Mojokerto memberi dampak kesejahtaaan dan dampak ekonomi yang memakmurkan warga Kota Mojokerto.

"Mojotirto Festival 2021 juga sebagai pertanda bahwa kita masih uri-uri budaya Mojopahit. Kita ini pernah menjadi bagian dari kerajaan besar Mojopahit di abad 13 wilayahnya melebihi wilayah Nusantara," katanya.

Menurut Ning Ita, even yang digelar bersamaan dengan Hari Air Sedunia itu merupakan bagian dari upaya menjadikan wilayah barat Kota Mojokerto menjadi lokasi wisata bahari Majapahit dan pusat keramaian sepanjang sungai Kotok.

"Event ini sekaligus sebagai penarik wisatawan. Maka kita jadikan wilayah ini destinasi wisata bahari Mojopahit yang layak dikunjungi. Kita siapkan lahan seluas dua setengah hektar untuk destinasi wisata ini. Kedepan warga Kota Mojokerto akan mendapatkan dampak sosial dan dampak ekonomi yang luar biasa. Tentunya atas dukungan seluruh masyarat serta partisipasi seluruh pihak, seperti halnya keguyuban yang tampak dalam penggarapan Mojotirto Festival dengan  Spirit of Mojopahit sebagai sumber semangat, kekuatan. Bukan sekedar slogan semata,” kata Ning Ita.

Ia mengajak semua elemen masyarakat untuk bersama-sama menggali potensi yang jadi warisan leluhur yang bisa dikembangkan di bumi Mojokerto,. Tidak hanya menggelar event-event berbasis budaya, tapi harus sinergi dengan kepariwisataan hingga bisa dibanggakan di level nasional dan internasional. (ank)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional