Si Cantik' Permudah Pengurusan Cuti ASN Kota Mojokerto - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Si Cantik' Permudah Pengurusan Cuti ASN Kota Mojokerto


Mojokerto-(satujurnal.com)

Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota Mojokerto mendapat kemudahan dalam pengurusan cuti. Kini para abdi negara itu dapat memanfaatkan aplikasi berlabel Si Cantik (Sistem Informasi Cuti ASN Elektronik).

Aplikasi berbasis teknologi informasi yang diinisiasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mojokerto itu terintegrasi secara langsung dengan database Sistem Informasi Kepegawaian (Simpeg).

"Aplikasi Si Cantik merupakan merupakan layanan bagi ASN untuk mempermudah pengurusan cuti, pembuatan rekapitulasi serta perhitungan jumlah cuti yang diambil oleh ASN,” kata Wali kota Mojokerto Ika Puspitasari, saat sosialisasi aplikasi Si Cantik di ruang Nusantara, Kantor Pemerintah Mojokerto, Selasa (23/3/2021).

Adanya pengurusan cuti online ini, kata Ning Ita, sapaan Ika Puspitasari, dapat memangkas alur birokrasi yang terlalu panjang sehingga jauh lebih efisien dan praktis.

Ia pun berpesan kepada seluruh ASN agar dapat memaksimalkan aplikasi tersebut dengan sebaik mungkin. Dan untuk OPD lain, ia meminta supaya melek teknologi sehingga mampu melahirkan inovasi baru yang dapat membawa kemajuan bagi Kota Mojokerto dengan memanfaatkan teknologi masa kini.

Kepala BKPSDM Kota Mojokerto Muhammad Imron menjelaskan bahwa sekarang tengah dibutuhkan data kepegawaian yang valid, terkini dan selaras dengan peraturan kepegawaian yang berlaku pada saat ini. 

“Data semacam ini dapat terwujud jika operator Simpeg sebagai ujung tombak dari pelaksanaan peremajaan data dapat mengoperasionalkan aplikasi Simpeg dengan baik dan benar,” jelasnya.

Sosialisasi aplikasi Si Cantik dilaksanakan selama dua hari (23-24 Maret 2021) dan  diikuti oleh  125 orang yang terdiri dari operator Simpeg dari seluruh OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Mojokerto, kelurahan,Puskesmas, dan UPT Sekolah. 

Untuk mentaati protokol kesehatan, pelaksananaan sosialisasi aplikasi Si Cantik terbagi menjadi dua kelompok. Hari pertama diikuti oleh 61 orang, dan 64 orang yang lain akan mengikuti sosialisasi pada hari kedua. Aplikasi Si Cantik ini dapat akses melalui http://bkd.mojokertokota.go.id/sicantik. (hms)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional