Terapkan Blended Learning, Kota Mojokerto Tetap Dapat Kuota Belajar Kemendikbud - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Terapkan Blended Learning, Kota Mojokerto Tetap Dapat Kuota Belajar Kemendikbud

Mojokerto-(satujurnal.com)

Meski Kota Mojokerto sudah menerapkan pembelajaran tatap muka (PTM), namun puluhan ribu siswa di kota ini tetap mendapatkan bantuan kuota paket data dari Kemendikbud RI. Ini lantaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat masih menerapkan model ‘blended learning’ atau perpaduan sistem pembelajaran daring dan konvensional.

“Semua siswa tetap dapat (kuota paket data). Karena Kota Mojokerto menerapkan ‘blended learning’. Saya pantau tadi pagi dan sudah masuk ke nomor HP siswa untuk paket data dari Kemendikbud RI. Yang mendapat bantuan paket internet itu mulai PAUD sampai SMP baik siswa maupun guru,” kata Kepala Dinas P dan K Kota Mojokerto Amin Wachid terkait bantuan kuota belajar dari Kemendikbud, Jum’at (5/3/2021).

Menurutnya, ada 26.120 siswa di Kota Mojokerto terima kuota paket data program Kemendikbud RI. “Bantuan ini akan disalurkan setiap bulannya dari tanggal 11-15, selama tiga bulan ke depan, yakni Maret, April dan Mei 2021. Tidak hanya para siswa, tapi juga guru mendapatkan kuota paket data dari Kemendikbud RI ini,” terang dia.

Untuk kuota paket data siswa, imbuh Amin Wachid, sudah diambil alih Kemendikbud RI. "Data yang masuk ke Dapodik Kemendikbud RI tersebut sudah dilakukan verifikasi secara nasional oleh Kemendikbud RI. Kuota paket data tersebut, langsung masuk ke nomor Handphone (HP) guru dan siswa," ujarnya. 

Data Dinas P dan K Kota Mojokerto menyebutkan, jumlah siswa TK Negeri/swasta sebanyak 3.955 siswa, KB/SPS/TPA Negeri/swasta sebanyak 1.148 siswa, RA Negeri/swasta sebanyak 382 siswa. SD Negeri/swasta sebanyak 12.383 siswa dan SMP Negeri/swasta sebanyak 8.252 siswa. (ank)

Berikut rincian Kuota Belajar Kemendikbud 2021 :

1. Siswa PAUD

Siswa di jenjang pendidikan ini mulai bulan Maret 2021 akan mendapatkan 7GB perbulannya. Sementara pada bantuan sebelumnya total 20GB, yang terdiri dari 5GB Kuota Umum dan Kuota Belajar 15GB.

2. Siswa Pendidikan Dasar dan Menengah

Untuk bantuan sebelumnya, seluruh siswa mendapatkan 35GB yang dibagi menjadi Kuota Umum 5GB dan Kuota Belajar 35GB. Sedangkan saat ini akan diberikan 10GB perbulan.

3. Pendidik PAUD dan jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah

Para pendidik ini akan mendapatkan bantuan 12GB perbulan mulai Maret hingga Mei 2021 mendatang. Sedangkan sebelumnya ada Kuota Belajar 37GB dan Kuota Umum 5GB dengan total 42GB.

4. Mahasiswa dan Dosen

Baik mahasiswa dan dosen mendapatkan kuota internet 15GB perbulan. Saat bantuan sebelumnya keduanya diberikan mencapai 50GB dengan rincian 45Gb Kuota Belajar dan sisanya Kuota Umum. 


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional