Dewan Harap BST Kemensos Terpenuhi Sebelum Lebaran - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional -->

Dewan Harap BST Kemensos Terpenuhi Sebelum Lebaran

Mojokerto-(satujurnal.com)

DPRD Kota Mojokerto menaruh atensi soal belum meratanya penyaluran bantuan sosial tunai (BST) Kementerian Sosial (Kemensos) 2021. Sebab, sebagian Keluarga Penerima Manfaat (KPM) mengeluh belum menerima pencairan tahap Maret-April.

“Bantuan (BTS) sebesar Rp 300 ribu per bulan untuk periode Maret-April belum diterima secara merata oleh 11.945 KPM di Kota Mojokerto,” kata Ketua Komisi III DPRD Kota Mojokerto Agus Wahjudi Utomo, Rabu (28/4/2021).

’’Dari total 11 ribu warga yang berhak itu, ada yang masih belum menerima,’’ ujarnya. 

Untuk mengetahui masalah tersebut, pihaknya telah mengecek langsung ke Kantor Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kota Mojokerto. Hasilnya, diperoleh kabar jika pencairan BST untuk tahap 12 dan 13 mengalami sejumlah kendala dari pusat.

Selain jadwal penyaluran yang terlambat, sehingga harus dirapel dua bulan sekaligus. Pencairannya juga tidak dilakukan secara serentak. 

Agus merinci, BST Kemensos untuk Kota Mojokerto seharusnya disalurkan 18-22 April lalu. Namun, bantuan tersebut hanya menyasar 10.562 KPM. Sehingga, masih terdapat 1.383 KPM yang belum menerima haknya. 

”Setelah banyak keluhan dari warga, akhirnya ada pencairan 1.110 (KPM). Jadi sekarang tinggal 300-an lagi yang belum,” tandas politisi Golkar ini.

Diperoleh penjelasan, kekurangan pencairan BST akan dipenuhi secara bertahap oleh Kemensos. Berdasarkan surat yang diterima terkait penyaluran susulan tahap I, Kota Mojokerto mendapatkan Rp 666 juta untuk 1.100 KPM. 

Penyaluran bantuan ini dipusatkan di Kantor Pos Mojokerto. Masing-masing KPM akan langsung menerima jatah bantuan dobel senilai Rp 600 ribu untuk periode Maret-April. Praktis, tersisa 310 KPM yang hingga kini belum mendapatkan pencairan.

Diharapkannya, kekurangan pencairan BST Kemensos tersebut bisa segera terpenuhi. Terlebih, pencairan bantuan tahap terakhir di 2021 ini sudah lama dinanti masyarakat. Terutama untuk memenuhi kebtuhan jelang Hari Raya Lebaran. 

’’Dinsos sudah kami minta untuk confirm ke pusat. Mudah-mudahan bisa segera menyusul,’’ pungkas politisi Partai Golkar tersebut. (one/adv)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional